Headline News

header-int

Kepala BPS : PMTB Salah Satu Penggerak Perekonomian dan Berperan Penting Dalam Produk PDRB Pessel

Kamis, 19 Apr 2018, 11:37:48 WIB - 22 | Marlison

PESISIR SELATAN, Pembentukan Modal Tetap Bruto (PMTB) yang  sering disebut investasi fisik merupakan salah satu instrumen penggerak perekonomian. Inventasi telah menjadi tumpuan ekonomi wilayah disamping konsumsi rumah tangga.

Kemudian PMTB memiliki peran penting dalam produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kabupaten Pesisir Selatan pada tahun 2016, yaitu sekitar 31,26% terhadap total PDRB Atas Dasar Harga Berlaku Kabupaten Pesisir Selatan tahun 2016, ungkap Kepala BPS Pessel, Nurul Andriana, Kamis (19/04).

Ia menjelaskan, data PMTB juga dimanfaatkan sebagai salah satu variabel penghitungan ICOR. Dengan tersedianya data PMTB yang rinci ini, akan membantu pemerintah mengambil kebijakan dalam meningkatkan iklim investasi dan mempermudah investor untuk berusaha, serta membantu dunia usaha dalam menentukan arah kebijakan usahanya.

Dengan kata lain, hasil dari kegiatan ini bisa dijadikan sebagai dasar untuk perumusan berbagai kebijakan dan analisis investasi secara makro maupun mikro. Selain itu, hasil dari Survei Penyusunan Disagregasi PMTB 2018 ini juga dapat digunakan sebagai sumber data dalam penyusunan stok kapital yang akan dilaksanakan pada tahun 2019.

Disamping kegiatan Survei Penyusunan Disagregasi PMTB, BPS juga menyelenggarakan SUTAS 2018 dan PODES 2018. Kegiatan Survei Pertanian Antar Sensus (SUTAS) 2018, baru dilaksanakan oleh Badan Pusat Statistik untuk pertama kalinya melaksanakan, yang hasilnya akan menjadi salah satu penentu pembangunan nasional karena ketahanan pangan termasuk ke dalam rencana kerja Pemerintah.

Tujuan dari SUTAS 2018 adalah memperkirakan populasi rumahtangga usaha pertanian menurut sub sektor per kabupaten, memperkirakan populasi komoditas dan memperkirakan produktivitas komoditas dan populasi ternak. Kegiatan pendataan SUTAS berlangsung pada Mei – Juni 2018. Di Kabupaten Pesisir Selatan jumlah sampel blok sensus terpilih sebanyak 132 Blok Sensus.

Pada bulan Mei 2018, Badan Pusat Statistik juga melaksanakan kegiatan Pendataan Potensi Desa (PODES) 2018, yang bertujuan untuk mendapatkan data terkait ketersediaan infrastruktur dan potensi yang dimiliki oleh setiap wilayah administrasi setingkat desa/kelurahan/nagari, kecamatan, dan kabupaten/kota, terangnya. (03)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2018 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube