Headline News

header-int

KPHP Pesisir Selatan Anggarkan Rp552 Juta Kembangkan Objek Wisata

Selasa, 18 Desember 2018, 14:03:36 WIB - 217 | Kontributor : Didi Someldi Putra

Pesisir Selatan, 18/12/2018 - Kesatuan Pengelola Hutan Produksi Terbatas (KPHP) Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat bakal menganggarkan Rp552 juta untuk mengembangkan dua objek wisata yang dikelola oleh Badan Usaha Milik Nagari (BUMNag) di daerah setempat.

"Jika tidak ada aral melintang pelaksanaannya dimulai awal 2019," kata Kepala KPHP Pesisir Selatan, Mardianto di Painan, Selasa.  

Ia menambahkan, kedua objek wisata itu ialah air terjun Timbulun Tujuh di Nagari (Desa Adat) Lakitan Tengah dan air terjun Pelangai Gadang di Nagari Pelangai Gadang.

Pengembangan itu mencakup pembangunan gedung, tempat parkir, toilet, tempat ibadah, jalan setapak, papan informasi dan juga petunjuk arah, masing-masing objek wisata dikucurkan anggaran sebesar Rp276 juta.

Melalui pengembangan diharapkan kedua objek wisata semakin populer sehingga banyak wisatawan yang berkunjung.

Dengan meningkatnya kunjungan wisatawan pihaknya berharap hal itu berbanding lurus dengan pendapatan pengelola dan juga berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat sekitar.  

KPHP Pesisir Selatan menjalankan sistem kemitraan dengan beberapa BUMNag di Pesisir Selatan, selain BUMNag Tunas Muda Bersama, Nagari Lakitan Tengah dan BUMNag Pelangai Gadang, Nagari Pelangai Gadang, juga ada BUMNag Sungai Liku Pelangai, Nagari Sungai Liku.     

Berikutnya, ada BUMNag Sungai Sirah Air Haji, Nagari Sungai Sirah Air Haji, BUMNag Tunas Baru, Nagari Inderapura Selatan, BUMNag Bersama Sambungo Indah yang berada di Nagari Sungai Sirah Silaut, Nagari Silaut, dan Nagari Sambungo serta Koperasi Usaha Mandiri.

Selain objek wisata air terjun, juga ada pengelolaan pantai yang berkedudukan di dalam kawasan hutan.     

Melalui kemitraan masyarakat bisa lebih leluasa mengelola lokasi meski berkedudukan di kawasan hutan. Kendati demikian tetap mesti mentaati persyaratan-persyaratan yang disepakati bersama.

Beberapa kesepakatan itu ialah adanya sistem bagi hasil, tidak merusak hutan, tidak mengganggu ekosistem hutan, jika diantara kesepakatan ada yang dilanggar maka akan berdampak pada kelanjutan kemitraan.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube