Headline News

header-int

Lisda : Budaya Lokal Harus Di pertahanan Sebagai Bentuk Promosi Wisata

Senin, 28 Januari 2019, 10:47:59 WIB - 581 | Kontributor : Elfi Mahyuni, S.H
Lisda : Budaya Lokal Harus Di pertahanan Sebagai Bentuk Promosi Wisata

Pesisir Selatan 28/1/2019--Berkembangnya kawasan wisata tentu harus didampingi dengan perkembangan masyarakat dengan menciptakan inovasi sehingga wisatawan semakin betah untuk berkunjung.

Salah satunya adalah menciptakan cenderamata yang bisa dijadikan sebagai oleh oleh untuk mereka bawa pulang. Namun cenderamata itu harus yang unik,bagus ,antik namun tidak terlalu mahal .

Hal ini disampaikan Ketua Pengerak PKK Lisda Hendrajoni Senin (28/1) di Painan, Menurutnya  dalam pengembangan kawasan wisata masih banyak dukungan dari berbagai pihak agar kedepannya butuh dukungan  alokasi dana baik dari APBN maupun dari investor yang mau menanamkan modalnya dikawasan ini .

Akan tetapi titik berat awal pengembangan kawasan ini difokuskan kepada pemberdayaan masyarakat atau dimulai dari masayrakat yang berada dikawasan ini. Sebab Dalam usaha pengembangan kawasan wisata terdiri 4 unsur yang harus ada yaitu daya tarik, fasilitas, aksesibilitas dan masyarakat. 

Khusus untuk pemberdayaan masyarakat dapat dilakukan dalam bentuk penerapan kharakter lokal dalam bidang pariwisata, arahan pengembangan pihak swasta sebagai pegusaha pariwisata dan pemberdayaan masyarakat sekitar dalam semua aspek termasuk dalam pegambilan keputusan kebijakan pembangunan .Dan konsep yang akan dilakukan pada Kawasan wisata ini nantinya akan melibatkan semua pihak termasuk masyarakat.

"Kita memang ingin memberdayakan masyarakat dengan harapan masyarakat tidak hanya menjadi penonton namun juga bisa menjadi peserta dalam perkembangan kawasan wisata ini kedepannyanya,dan juga memiliki cenderamata yang bisa ditawarkan ke wisata dan itu hasil olahan potensi yang memang banyak di daerah ini" ujarnya 

Ditambahkannya masyarakat tidak perlu khawatir dengan perubahan yang akan dialami masyarakat ketika kawasan wisata semakin maju  dan mendunia, Masyarakat hendaknya selalu mempertahankan  tradisi dan budaya yang ada . Termasuk dengan makanan .seni dan kerjainan,sebab ini akan menjadi daya tarik yang luar biasa nantinya, sebab wisatawan pasti menginginkan kebudayaan lokal yang asli . Dan itu pasti daya tarik yang luar biasa nantinya ," ujarnya 

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube