Headline News

header-int

LPPL Ampiang Parak Bawa Dampak Positif Bagi Lingkungan

Rabu, 19 Februari 2020, 11:34:38 WIB - 606 | Kontributor : Marlison
LPPL Ampiang Parak Bawa Dampak Positif Bagi Lingkungan

Pesisir Selatan-Bupati Pessel, Hendrajoni mengapresiasi prestasi Laskar Pemuda Peduli Lingkungan (LPPL) Amping Parak, Kecamatan  Sutera yang meraih penghargaan Pokmaswas Terbaik Tingkat Nasional yang diserahkan oleh Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Prabowo Eddy di Manado. "Kita terus memantau perkembangan komunitas tersebut dari waktu ke waktu. Bahkan dinas terkait secara intens terus melakukan bimbingan, seperti Dinas Perikanan, Dinas LH dan Dinas PMDP2KB, serta instansi lain," kata Bupati Hendrajoni, Rabu (19/2).

Dikatakan, prestasi yang digondol membuktikan bahwa program pemberdayaan yang dilakukan LPPL Ampiang Parak, Kecamatan Sutera itu telah membawa dampak positif baik bagi lingkungan maupun masyarakat.

Sebagaimana diketahui Laskar Pemuda Peduli Lingkungan (LPPL) Ampiang Parak, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan meraih penghargaan Pokmaswas terbaik tingkat nasional. Penghargaan bergengsi itu diserahkan langsung kepada Ketua LPPL Ampiang Parak, Haridman oleh Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Prabowo Eddy di Manado, Sulawesi Utara, Senin (17/2).

Prestasi membanggakan itu menurut Haridman merupakan apresiasi dari Pemerintah Pusat kepada kelompok yang dipimpinnya, karena dinilai berhasil membangun kepedulian pada lingkungan.

Laskar Pemuda Peduli Lingkungan lahir beberapa tahun silam. Ketika sekelompok anak muda prihatin melihat pantai yang gersang. Sementara, kerbau bergerombolan hilir mudik di tanah pasir nan tandus itu.

Sementara, pada malam-malam tertentu ratusan telur penyu dijarah untuk kemudian dikomersilkan, sementara itu, jika tak segera diantisipasi maka penyu akan menjadi sangat langka akibat tak sempat berkembang biak.

Entah apa yang terbesut dari pikiran sekelompok anak muda Nagari Ampiang Parak, lambat-lambat mulailah ditanam cemara, mangrove dengan usaha yang sangat keras, dan juga beban emosi yang sarat.

Kendati ada satu dua yang sempat patah asa, tetapi yang lain menguatkan, travo spirit yang berubah namun, akhirnya kelompok itu hingga hari ini tetap eksis. (03)

 

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube