Headline News

header-int

Masyarakat kecamatan Bayang merasa terbantu dengan adanya jalan alternatif yang dibangun pemerintah

Rabu, 12 Desember 2018, 06:22:28 WIB - 578 | Kontributor : M. Joni, S.H

Pesisir Selatan,Desember 2018- Penantian yang panjang bagi masyarakat kecamatan Bayang Pessel mendambakan jalan aspal akhirnya terealisasi, pembangunan jalan alternatif dari Nagari Sawah Laweh Bayang menuju Nagari Sago kecamatan IV Jurai Pessel terlaksana sesuai dengan haparan masyarakat, kata wali nagari Sawah Laweh Nasri A di kantornya,Rabu (12/12)

Menurutnya, pembangunan jalan ini sudah menelan dana milyaran rupiah, dana tersebut berasal dari Pokok-Pokok pikiran anggota DPRD provinsi Sumbar Dr Risnaldi, guna untuk kelancaran lalulintas serta dalam upaya meringankan beban masyarakat dalam memperpendek jarak tempuh menuju kota Painan.

Pada awal pembangunan jalan tersebut terkendala, akibat adanya salah seorang masyarakat yang mengaku pemilik tanah minta ganti rugi, akhirnya pekerjaaanya terhenti beberapa tahun lamanya, namun dengan adanya upaya pemerintahan wali nagari, Pemda Pessel dan anggota DPRD provinsi tersebut dapat dilaksanakan kembali.

Dengan adanya pembangunan jalan baru ini akan memberikan nilai tambah bagi masyarakat, terutama bagi mereka yang selama ini kesulitan membawa hasil produksi padi yang disebabkan belum adanya akses jalan.Pembangunan jalan alternatif ini juga memberikan dampak positif bagi pemilik lahan dekat dengan jalan harga jual tanah naik dan ekonomi masyarakat tani semakin meningkat.

Dampak positif dari pembangunan jalan alternatif ini, hubungan lalulintas dari Kecamatan Bayang menuju kota Painan menjadi lancar. Masyarakat tidak perlu lagi menempuh jalan melingkar melalui nagari Pasar Baru yang jaraknya cukup jauh, namun masyarakat dapat memperpendek jarak tempuh dari Nagari Sawah Laweh menuju nagari Gurun Panjang melewati kampung Sungai Putih dan sampai di nagari Sago kecamatan IV Jurai Pessrel.

Dr H, Risnaldi mengakui, jalan ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat untuk memperpendek jarak tempuh,terlaksananya pembangunan sarana lalulintas ini merupakan sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat, sedangkan pembangunan lanjutannya diupaya pelaksananya pada tahun 2019 mendatang agar jalan dari Sawah Laweh menuju nagari Gurun Panjang secara menyeluruh sudah di aspal hot mick,( 10)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube