Headline News

header-int

Masyarakat Harus Mampu Menumbuhkan Semangat Berusaha

Jumat, 12 Jan 2018, 10:05:41 WIB - 70 | M. Joni, S.H

Dalam kondisi yang saat ini masyarakat perlu menumbuhkan semangat berusaha yang dibarengi dengan kerja keras serta mandiri, terutama di era globaliasasi dan teknologi perlunya melakukan reformasi (perobahan) ke arah yang lebih baik agar tidak terjebak dengan keterbelakangan dan kemiskinan.

Upaya dalam mengatasi keterpurukan ekonomi keluarga, kondisi ini jelas menuntut adanya keinginan dan kemauan untuk berbenah diri, Jadi sudah seharusnya kita selalu berupaya memperbaiki segala bentuk kelemahan yang dihadapi agar menjadi lebih baik lagi dimasa mendatang, kemudian menghilangkan rasa malas yang membelenggu kehidupan selama ini

Keberhasilan seserang dibuktikan dengan kemampuan dalam mengatasi ancaman ekonomi, terutama bagi mereka yang memiliki keluarga besar, hal ini tentu kebutuhannya akan lebih besar pula yang akan dihadapi, faktor timbulnya kemiskinan lebih dititik beratkan akibat prilaku seseorang yang enggan untuk melakukan reformasi diri dengan membaiki segala kekurangannya .

Begitu juga dengan Aparatur Pemerintah, harus mampu tampil terdepan sebagai pemberdaya kepada setiap masyarakat dan itu bisa dilakukan salah satunya melalui pertemuan-pertemuan dengan masyarakat, dengan adanya pertemuan tersebut masyarakat bisa diberdayakan untuk memanfaatkan seluruh potensi yang ada, sesuai dengan kemampuan yang dimiliki, kemudian perlu menambah wawasan pengetahuan serta mengembangkan keterampilan yang dapat menjadi andalan ekonomi keluarga antara lain, berkembangnya usaha home industri, kuliner, kerajinan sulaman bayangan dan membatik,kemudian berbagai usaha yang bergerak dalam sektor pertanian dan perkebunan dan perdagangan.

Bagi Setiap masyarakat yang selalu berjuang dengan berbagai usaha yang dapat dikembangkan menjadi nilai ekonomi akan lebih cepat menghindari diri dari ancaman ekonomi, apalagi Pesisir Selatan kaya dengan potensi alamnya yang dapat digarap sebagai peluang usaha yang mengiurkan, kini menunggu kemampuan dalam pengelolaanya agar dapat menjadi sebuah sumber ekonomi, guna untuk memperoleh kehidupan yang layak dengan tidak lagi mengandalkan ketergantungan kepada bantuan pemerintah, namun dapat hidup secara mandiri dengan berbagai usaha yang mendatangkan hasil.

Menciptakan berbagai lapangan kerja ekonomi produktif, setiap daerah seharusnya memiliki hasil produksi andalan daerah yang dapat dibanggakan, baik sebagai petani, perkebunan, industri, kerajinan dan lainnya, masih banyak potensi alam di Pessel yang belum tergarap secara maksimal menunggu tangan teranpil untuk mampu membuka lapangan kerja baru serta dapat menciptakan lapangan kerja ditengah masyarakat.

Berbagai usaha, bila ditekuni secara seksama akan dapat tumbuh berkembang, sehingga dengan hasil produksi tersebut akan mampu menekan akan kemiskinan dan pengangguran dan berbagai pembangunan akan dapat meningkat, terutama pembangunan Sumber Daya Manusia(SDM) masyarakat ke arah positif membangunan.

Kita akan merasa bangga, bila usaha yang dilakukan merupakan produksi andalan dari usaha rakyat di daerahnya sendiri, apalagi daerah Pessel salah satu daerah wisata membutuhkan usaha kreatif rakyat yang bisa dipasarkan kepada wisatawan yang berkunjung ke daerah ini, hasil usaha tersebut merupakan sebagai sumber pendapat eknomi masyarakat (10).

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2018 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube