Headline News

header-int

Masyarakat Harus Paham Menjaga Lingkungan

Jumat, 08 Jun 2018, 15:00:17 WIB - 118 | Marlison

PESISIR SELATAN, 8/6/2018 - Aktifitas masyarakat untuk menjaga lingkungan hendaknya semakin ditingkatkan kedepannya. Salah satunya, bagaimana penanganan jerami dengan baik dan tidak dibakar  "Itu merupakan salah satu upaya agar tidak terjadi pencemaran udara dan menjaga lingkungan," sebut Kepala Dinas Lingkungan Hidup Pessel, Nely Armida, Jumat (8/6) di Painan.

Dikatakan, banyak upaya lain yang sebetulnya sederhana, tetapi berdampak terhadap kualitas lingkungan. Dampak baik maupun buruk akan ditentukan oleh bagaimana manusia bersikap, "Jadi sebetulnya, kepedulian terhadap lingkungan mestinya tumbuh secara sadar dari individu. Sikap inilah yang kemudian secara simultan dapat menyelamatkan lingkungan dari dampak buruk, seperti polusi udara, air atau menurunnya fungsi sumberdaya alam," tukasnya.

Ia mengungkapkan, penumbuhan kesadaran bagi pemeliharaan lingkungan butuh waktu dan energi, karena perlu upaya advokasi dan inisiasi dari berbagai pihak, tidak saja pemerintah tetapi juga masyarakat dan komunitas peduli lingkungan.

Dijelaskan, lomba Proglim (Program Iklim) selama ini juga bertujuan menunjang penurunan emisi Gas Rumah Kaca (GRK), sebab melalui kegiatan itu akan dapat meningkatkan pemahamam masyarakat terhadap perubahan dan dampak yang akan ditimbulkan dari perubahan iklim, "Dengan meningkatnya pemahaman masyarakat terhadap perubahan iklim, maka semua pihak akan terdorong untuk melaksanakan aksi yang dapat memperkuat ketahanan masyarakat, disamping itu juga berkonstribusi terhadap upaya pengurangan emisi GRK," ucapnya.

Dijelaskan, nagari yang dijadikan sasaran penilaian selama ini terus didorong berperan aktif ikut menjaga kelestarian lingkungan dengan tetap melakukan usaha-usaha atau kegiatan ekonomi tanpa mengabaikan hal-hal yang bisa berdampak terhadap perubahan iklim.

Ia menambahkan, Dinas Lingkungan Hidup Pessel akan terus memberikan sosialisasi dan pembinaan kepada masyarakat agar menjaga lingkungan dengan berbagai aktivitas. (03)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2018 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube