Headline News

header-int

Musrenbang Batang Kapas, Petakan Pembangunan Secara Prioritas

Rabu, 19 Februari 2020, 11:09:37 WIB - 229 | Kontributor : Elfi Mahyuni, S.H
Musrenbang Batang Kapas, Petakan Pembangunan Secara Prioritas

Pesisir Selatan--Secara marathon pelaksanaan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) disetiap kecamatan di Kabupaten Pesisir dilaksanakan mulai dari Kecamatan Koto XI Tarusan hingga Kecamatan. Silaut. Di setiap pelaksanaan Musrenbang Bupati Pesisir Selatan  Hendrajoni menginginkan pembahasan musyawarah perencanaan pembangunan 2021 harus dipetakan secara prioritas.

Dengan harapan setiap  pembahasan Musrenbang tidak loncat-loncat dan selesai sesuai sasaran.Dan lebih memprioritaskan kebutuhan masyarakat dengan .melihat potensi yang dimiliki disetiap daerah . 

"Jadi tahun 2021, kita bisa tahu apa yang sudah dibangun dan apa yang belum dibangun. Petakan semua program, baik yang belum maupun yang sudah," sebut Hendrajoni disela pembukaan Musrenbang di Kecamatan Batang Kapas Senin (17/2) kemarin 

Hendrajoni menambahkan  memetakan pembahasan Musrenbang yang dimaksud di sini adalah mencatat program yang sudah tercapai. Selain itu, harus segera menargetkan daerah atau wilayah mana yang belum tersentuh.

"Karena itu semua pihak harus terlibat langsung  harus kita mulai dari nagari, kecamatan termasuk perangkat daerah. Yang harus  memetakan setiap program yang dibuat, supaya jelas apa-apa yang akan dikerjakan,"jelasnya.

Hendrajoni berharap disetiap , Musrenbang yang dibahas tahun 2020 untuk  target program 2021 harus sesuai dengan harapan masyarakat. Dan setiap, perencanaan harus dengan realisasinya.

"Jika kita sudah seperti itu program atau pembangunannya harus tampak. Itu tidak terkeculai, dari nagari, maupun sampai kabupaten. Kalau bisa jadi satu paket hasilnya,"terangnya .

Camat Batang Kapas Wendra menjelaskan kecamatannya mengembangkan kawasan perdesaan padi dan durian terintegritas dengan pariwisata. Hal ini dilakulan larena potensi itu banyak di daerah Batang Kapas. "Banyak potensi yang bisa dikembangkan di setiap nagari diantaranya pertanian,pariwisata hingga perikanan," ujarnya 

Diterangkannya untuk tahun 2021 prioritas pembangunan yang akan dilaksanakan adalah pembangunan bendungan Jalamu,Jembatan gantung dari Kampung Jambak sampai Seberang Inunang,Pembangunan saluran irigasi,Normalisasi dan pengaman tebing,peningkatan jalan baru ruas Bukit Pulai dan sungai Bungin dan pembangunan lainnya (07)

 

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube