Headline News

header-int

Musrenbang RKPD 2020, Bupati Hendrajoni: Pembangunan Harus Jelas dan Terarah

Kamis, 21 Maret 2019, 03:29:24 WIB - 396 | Kontributor : Okis Mardiansyah
Musrenbang RKPD 2020, Bupati Hendrajoni: Pembangunan Harus Jelas dan Terarah

Pesisir Selatan, Rabu (20/3) - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, melaksanakan Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2020 di Aula Bapedalitbang Sago, Rabu (20/3).

Kegiatan itu secara resmi dibuka oleh Bupati Hendrajoni dan dihadiri seluruh OPD dan perwakilan, Forkopimda, camat serta wali nagari.

Bupati Hendrajoni dalam sambutannya mengatakan, penyusunan RKPD 2020 sesuai amanat Undang-undang nomor 25 tahun 2004 dan Permendagri nomor 18 tahun 2017 tentang tata cara perencanaan pengendalian dan evaluasi pembangunan setiap daerah.

"Artinya pemerintah wajib menyusun dokumen perencanaan pembangunan dalam bentuk RKPD. Hal ini bertujuan agar implementasi rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) berjalan sesuai keinginan kita bersama," ucapnya.

Bupati berharap, agar pembangunan di Kabupaten Pesisir Selatan kedepannya lebih baik dan terarah. Sebab, Musrenbang yang digelar saat itu merupakan wujud dari lima unsur yang disebut pendekatan partisipatif dengan mengangkat tema Peningkatan SDM dan Infrastruktur untuk mewujudkan masyarakat Pesisir Selatan Sejahtera.

"Tema ini merupakan tindak lanjut pelaksanaan RPJMD tahun ke empat di Pesisir Selatan. Jadi, kita semua tentu sangat menginginkan pembangunan yang lebih jelas dan terarah sesuai prioritas," ujarnya.

Selain itu, lanjut bupati, pembahasan Musrenbang kali ini, pemerintah daerah juga menargetkan nilai Sakip A yang sebelumnya adalah memperoleh predikat B. Sebab, sejumlah program yang bakal dilaksanakan oleh masing-masing perangkat daerah sudah memiliki outcome yang berkontribusi terhadap pencapaian visi misi daerah.

"Untuk itu sangat dibutuhkan keseriusan bagi seluruh peserta musrenbang ini," katanya.

Lebih jauh diharapkan, seluruh perangkat daerah agar selalu merespon setiap kebutuhan masyarakat dengan meng-implementasikan ke dalam program yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

"Jadi, untuk para camat selalu berkoordinasi dengan wali nagari agar lebih tanggap lagi terhadap situasi pada wilayah kerja masing-masing. Sebab, lahirnya sebuah inovasi akan menghasilkan efisiensi kerja yang mampu mendorong pembangunan untuk lebih baik," tutur Bupati Hendrajoni. (15)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube