Headline News

header-int

Musrenbang Silaut, SDM Juga Penting Selain Pembangunan Fisik

Rabu, 19 Februari 2020, 11:04:38 WIB - 198 | Kontributor : Elfi Mahyuni, S.H
Musrenbang Silaut, SDM Juga Penting Selain Pembangunan Fisik

 

Pesisir Selatan-- Pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) harus diperhatikan dalam pembangunan. Karena percuma pembangunan fisik dilaksanakan jika SDM nya lemah. Dan Salah satunya peningkatan SDM melalui peningkatkan kesejateraan tenaga pendidik baik PNS ataupun tenaga honorer. 

Hal ini disampaikan Bupati Pessel Hendrajoni pada Musyawarah Rencana Pembangunan(Musrenbang) Kecamatan Silaut Selasa(18/2). Menurutnya memenuhi kekurangan tenaga pendidik di Kabupaten Pesisir Selatan, pemerintah Pessel mengangkat  1193 orang guru kontrak dan 52 orang Tenaga Harian Lepas (THL). 

"Guna membayar honor guru kontrak dan THL kami mengalokasikan anggaran sebesar Rp12 milIar tahun ini,tahun depan bakal meningkatkan honor guru kontrak yang ada di daerah setempat.Dan secara bertahap bakal kita tingkatkan pendapatan guru honor di Pessel" ujarnya 

Selain berbagai pembangunan fisik juga ditingkatkan. Khusus untuk kecamatan Silaut pemkab telah mengalokasi dana untuk berbagai pembangunan diantaranya pembangunan pasar Pasir Binjai,Peningkatan Jalan.Semua ini akan dibahas dalam musrenbang.

" Dengan harapan setiap  pembahasan Musrenbang tidak loncat-loncat dan selesai sesuai sasaran.Dan lebih memprioritaskan kebutuhan masyarakat dengan .melihat potensi yang dimiliki disetiap daerah . Jadi tahun 2021, kita bisa tahu apa yang sudah dibangun dan apa yang belum dibangun. Petakan semua program, baik yang belum maupun yang sudah," ujarnya

Hendrajoni menambahkan  memetakan pembahasan Musrenbang yang dimaksud di sini adalah mencatat program yang sudah tercapai. Selain itu, harus segera menargetkan daerah atau wilayah mana yang belum tersentuh.

"Karena itu semua pihak harus terlibat langsung  harus kita mulai dari nagari, kecamatan termasuk perangkat daerah. Yang harus  memetakan setiap program yang dibuat, supaya jelas apa-apa yang akan dikerjakan,"jelasnya.

Sementara itu Camat Silaut Syamwil menjelaskan pada tahun 2021 mendatang beberapa rencana pembangunan akan dilaksanakan diantaranya pengembangan pembangunan Kota Terpadu Mandiri(KTM),Kegiatan peremajaan sawit rakyat,Bantuan bibit jagung,penurunan status Kawasan Hutan Kawasan,Bantuan sarana dan prasarana KAN ,penyuluhan narkoba. (07)

 

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube