Headline News

header-int

Nashariyadi: Dibutuhkan 46 Shelter Di Pessel

, 16 Juni 2011, 02:31:00 WIB - 526 | Kontributor : MsrPd - Administrator

Painan, Juni----

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pesisir Selatan, Nashariyadi mengatakan, Pesisir Selatan membutuhkan 46 shelter untuk penanggulangan dampak buruk tsunami jika terjadi di daerah itu. Shelter tersebut rata-rata berkapasitas 2.000 orang dan harus dibangun di sepuluh kecamatan dari 12 kecamatan yang ada.

Kecamatan itu, Koto XI Tarusan, Bayang, IV Jurai, Batang Kapas, Sutera, Lengayang, Ranah Pesisir, Linggo Sari Baganti, Pancung Soal dan Lunang Silaut.

"Pembangunan shelter sangat mendesak dilakukan karena Pessel merupakan wilayah rawan akan gempa dan tsunami. Daerah ini terletak di sepanjang pantai barat Pulau Sumatera", katanya.

wilayah tersebut memiliki garis pantai terpanjang di Sumbar yakni 234 kilometer. Penduduk yang tinggal didaerah itu lebih kurang 200 ribu jiwa.

Dikatakan, Shelter itu dibangun pada daerah-daerah yang padat penduduk dan bisa diakses dalam radius 1kilometer. Minimal tingginya 12 meter dari permukaan laut.

"Untuk shelter ini Pemerintah Kabupaten sudah merancang bangunannya, Rata-rata daya tampung 2.000 orang. Letaknya harus di tengah-tengah pemukiman sehingga mudah dicapai jika terjadi gempa besar berpotensi tsunami," ucapnya.(04

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube