Headline News

header-int

Nelayan Tarusan Mendapatkan Pemberdayaan

Jumat, 15 Februari 2019, 12:45:54 WIB - 294 | Kontributor : Elfi Mahyuni, S.H
Nelayan Tarusan Mendapatkan Pemberdayaan

Pesisir Selatan 15/2/2019--Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Pessel Gunawan membuka kegiatan Pemberdayaan Masyarakat Nelayan di Cerocok Anau Tarusan Jumat (15/2). Kegiatan ini diikuti 700 orang nelayan se Kecamatan Koto XI Tarusan dan dilaksanakan sampai Senin (18/2) . Kerjasama dengan Politeknik Pelayaran Sumatera Barat. 

Menurut Gunawan  keselamatan adalah hal yang perlu diutamakan, terutama bagi para nelayan yang kesehariannya melakukan aktifitas di laut dan nelayan tak mengabaikan unsur keselamatan dalam beraktifitas di tengah lautan.

Sering kali kecelakaan terjadi di laut disebabkan kurangnya kewaspadaan dalam memperhatikan laik tidaknya sarana transportasi yang digunakan.

Wakil Direktur 1 Politeknik Pelayaran Sumatera Barat Budi Riyanto mengungkapkan berlayar sudah menjadi nadi kehidupan masyarakat Indonesia sebagai negara besar yang terbentuk dari banyak pulau, yang dihubungkan dengan lautan dan sejak zaman dulu.

Keselamatan berfungsi untuk memperkecil peluang terjadinya kecelakaan dan jatuhnya korban.Keselamatan pelayaran merupakan aspek yang kompleks karena banyak faktor yang harus diperhatikan untuk meminimalkan resiko terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan termasuk faktor peran pemerintah. 

Peran pemerintah, khususnya pemerintah daerah sangat diperlukan oleh masyarakat agar masyarakat mendapat perlindungan untuk melakukan segala aktifitas pelayaran. Apalagi melihat fakta bahwa sebagian besar masyarakat nelayan Kabupaten Gresik belum memiliki surat dokumen kapal (pas kecil) dan surat-surat perikanan. 

Pada kegiatan ini diberikan pengetahuan praktis tentang cara pemakaian alat keselamatan pelayaran, 

memberikan informasi umum terkait cuaca dan iklim dan pengaruhnya kepada faktor keselamatan pelayaran, memberikan gambaran umum terkait keselamatan pelayaran dan tata cara pengurusan surat dokumen kapal, dan memberikan pengetahuan umum tentang pengurusan surat-surat perikanan (SIUP/SIPI). 

"Tujuan diadakannya kegiatan ini untuk keselamatan pelayaran tersebut yakni, memberikan pelayanan prima kepada masyarakat nelayan terkait pemenuhan aspek keselamatan pelayaran

memberikan pengetahuan praktis tentang faktor-faktor yang terkait dengan keselamatan pelayaran

melakukan sinkronisasi dengan pihak-pihak terkait peningkatan faktor keselamatan pelayaran masyarakat nelayan khususnya masyarakat.

Melalui pembinaan dan keselamatan pelayaran, kita tingkatkan kesadaran masyarakat untuk mentaati standar kelaiklautan kapal”ujarnya

Dijelaskannya kegiatan ini merupakan program pemerintah pusat untuk nelayan dan untuk wilayah Sumbar ada sekitar 6170 nelayan dan untuk wilayah Kabupaten Pessel diikuti sebanyak 2000 lebih nelayan.(07)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube