Headline News

header-int

Olahan Tempurung Tampil di FL ke XVI

Senin, 16 Apr 2018, 21:38:36 WIB - 17 | Elfi Mahyuni, SH
Olahan Tempurung Tampil di FL ke XVI

PESISIR SELATAN, 17 APRIL 2018 -Kelompok Pemuda kreatif (Rantak Saiyo) di Kenagarian Setara Nanggalo Kecamatan Koto XI Tarusan memanfaatkan limbah tempurung kelapa,kayu, papan untuk di ubah menjadi karya kerajianan tangan yang bernilai seni tinggi dan memiliki nilai jual. Karya seni yang dihasilkan itu seperti lampu hias,kotak tisu,gantungan kunci,asbak rokok,celengan dan hiasan lainnya. 

Kelompok kreatif Rantak Saiyo ini beranggotakan 10 orang mengolah bahan limbah ini semenjak setahun lalu.Telah banyak karya seni yang dibuat dan dipasarkan walaupun itu masih pasar lokal yaitu diapsarkan disekolah dan ditampilkan pada pameran seperti Pameran Festival Langkisau. 

Ketua Kelompok Rantak Saiyo Piki Andrewandi Senin (16/4) di stand Pameran FL mengungkapkan karya seni keterampilan yang dibuat oleh kelompok pemuda Kreatif ini hanya mampu menampung pasar lokal karena untuk membuat karya seni yang lebih banyak banyak kendala. 

Salah satunya adalah tenaga untuk membuat karya seni tersebut tidak seberapa hanya beberapa orang saja padahal untuk mebuat karya yang lebih banyak dibutuhkan tenaga yang lebih banyak juga selain itu alat bantu yang digunakan untuk membuatnya juga baru seadanya saja dan tradisonal. 

Piki menambahkan setiap karya yang dihasilkannya dijual bervariasi berkisar Rp 3000,-  Rp 5.000,- untuk karya yang kecil seperti gantungan kunci sedangkan untuk karya yang lebih besar dan rumit seperti lampu hias,asbak,pot harga yang ditawarkan berkisar Rp 50 ribu hingga Rp 200 ribu. 

"Beruntung usaha yang kita lakukan ini mendapatkan dukungan penuh dari pihak kenagarian, dimana pihak kenagarian mengalokasikan anggaranya untuk membeli alat alat membuat kreasi," ujarnya 

Ditambahkannya kelompok Rantak Saiyo ini sangat berharap kedepannya bisa berkembang dengan baik dengan adanya jaminan pemasaran yang pasti,memiliki peratan pembuatan yang lebih canggih dan peningkatan kreatifitas dan modal. 

"Kita sangat ingin sekali memiliki galeri di nagari ataupun di lokasi wisata .Dimana galeri ini bisa untuk memajang hasil karya kreatifitas sehingga makin diminati dan mendatangkan penghasilan yang lebih banyak juga," harapnya (07)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2018 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube