Headline News

header-int

Panitia MTQ Kecamatan Persiapkan 50 Unit Rumah Penduduk Untuk Pemondokan Kafilah

Senin, 24 Sep 2018, 15:16:58 WIB - 110 | Yoni Syafrizal

Pesisir Selatan, 24 September 2018--Agar pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quaran (MTQ) ke-39 tahun 2018 tingkat Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) yang akan dilaskanakan di Kecamatan Lengayang terlaksana dengan sukses, maka kepada pihak panitia kecamatan diminta untuk koordinasi dengan semua unsur yang ada,  termasuk juga para perantau.

Sedagkan untuk kenyamanan para pengunjung terutama para kafilah dan official, pihak penitia di tingkat kecamatan juga dimintak untuk mempersiapkan pemondokan.  

Ketegasan itu disampaikan sekretaris daerah (Sekda) Pessel, Erizon Senin (24/9) terkait dengan telah semakin dekatnya waktu pelaksanaan sebagai mana direncanakan pada pertengahan bulan November 2018 mendatang.

" Agar pelaksanaan MTQ ke 39 tahun 2018 bisa berjalan dengan sukses. Maka kepada panitia diminta untuk meningkatkan koordinasi, serta juga menggandeng semua unsur yang ada. Imbauan ini saya sampaikan, sebab kesuksesan MTQ tidak hanya ada pada panitia. Tapi juga berada pada dukungan semua elemen, termasuk juga dukungan dari para perantau," ungkapnya.

Harapan itu disampaikanya sebab MTQ tidak hanya sebatas ajang seremonial semata, akan tetapi melalui MTQ hendaknya dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mencintai dan mengamalkan ayat-ayat suci Al Quran dalam kehidupan sehari-hari, disamping juga mencari bibit-bibit yang berprestasi.

" Al Quran bukan hanya sebatas dibaca, tetapi harus dipahami dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari agar kita selamat hidup di dunia dan di akhirat kelak. Karena, Al Quran merupakan pedoman hidup bagi kita," ingatnya.

Sementara itu, pihak panitia di tingkat kecamatan juga diminta intens melakukan koordinasi dengan panitia kabupaten. Termasuk juga memaksimalkan persiapan pemondokan bagi kafilah dan lainnya.

Camat Lengayang, Zoni Eldo ketika dihubungi menjelaskan bahwa pihaknya memang terus berkoordinasi dengan semua pihak.  

" Terkait pemondokan terhadap kafilah, kita di tingkat panitian kecamatan juga telah menyediakan 50 rumah warga. Rumah warga ini tersebar di tiga nagari, yakni di Nagari Kambang Barat, Lakitan Utara, dan Lakitan Induk. Sebab masjid yang terdapat di tiga kecamatan ini, dijadikan sebagai pusat kegiatan berbagai lomba yang digelar," ungkapnya.

Ditambahkan lagi bahwa beberapa pembahasan yang terus dimatangkan selain pemondokan adalah, persiapan  tempat pembukaan acara, tempat perlombaan, pemondokan para kafilah, serta juga sumber-sumber pendanaan dan lainnya.

" Pembukaan MTQ nanti, direncanakan di lapangan bola kaki Pasar Kambang. Saat ini lokasi itu tengah dibenahi dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung. Tujuanya agar MTQ ke 39 tahun 2018 nanti tidak hanya sekedar ajang prestasi, tapi juga meriah," harapnya. (05)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2018 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube