Headline News

header-int

Pelajar Masih Penyumbang Angka Lakalantas Tertinggi di Pessel

Senin, 11 Desember 2017, 13:02:34 WIB - 661 | Kontributor : Yoni Syafrizal

Pelajar Masih Penyumbang Angka Lakalantas Tertinggi di Pessel

Painan, 11 Desember 2017--Angka kecalakaan lalulintas masih didominasi oleh kalangan remaja atau pelajar. Kondisi itu juga terjadi masih dialami oleh Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar). Sebab dari 227 kasus lakalantas selama tahun 2017, sebanyak 111 kasus pelakunya berasal dari kalangan pelajar.

Karena merupakan penyumbang angka tertinggi berasal dari kalangan remaja yang nota benenya merupakan pelajar, sehingga kepada orang tua diminta untuk memperketat pengawasan kepada ramajanya, serta melakukan pelarangan untuk tidak menggunakan kendaraan bagi yang belum cukup umur.

Kepala Satuan (Kasat) Lalu lintas (Lintas) Polres Pessel, Iptu Ghanda Novidiningrat mengatakan kepada pesisirselatan.go.id Senin (11/12) di Painan, bahwa untuk mengurangi angka kecelakaan di jalan raya, memang sangat dibutuhkan peran orang tua. Sebab yang menjadi penyumbang tertinggi dari kasus itu adalah kalangan remaja atau pelajar.

" Saya katakan demikian, sebab dari 227 kasus Laka Lantas sejak awal Januari 2017 hingga sekarang, sebanyak 111 kasus merupakan dari kalangan pelajar. Ini bila tidak disikapi akan masih terus berlangsung nantinya di daerah ini," katanya.

Disampaikanya bahwa dari 111 kasus Lakalantas dengan pelaku pelajar itu, yang menjadi korban berasal dari kalangan pelajar tercatat pula sebanyak 141 orang.

" Dari 141 yang menjadi korban itu, sebanyak 3 orang diantaranya meninggal dunia, 5 orang luka berat, dan 133 orang luka ringan," jelasnya.  
 
Ditambahkanya bahwa tingginya pelaku laka lantas dari kalangan pelajar itu, memang akibat dari bebasnya para pelajar berkendara, terutama menggunakan kendaraan roda dua.

Bahkan sebagian besar pengendara tidak mamatuhi aturan berkendaraan, serta juga berkendara dengan kecepatan tinggi, belum mengantongi Surat Izin Mengemudi (SIM), tidak memakai helm, berboncengan lebih dari satu orang, mengendarai kendaraan tidak laik jalan, dan lain sebagainya.

"  Mengendarai kendaraan roda dua yang tidak layak jalan, merupakan salah satu trendi di lingkungan pelajar. Seperti halnya mengendarai sepeda motor dengan tidak memiliki lampu atau tidak menyalakan lampu pada malam hari," katanya.

Terkait kondisi itu, sehingga pihak Polres Pessel akan menggalakkan razia dilingkungan pelajar. Upaya itu bertujuan agar angka kecelakaan lalu lintas yang disebabkan oleh kalangan pelajar bisa diminimalkan.

" Walau ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan aparat dalam meminimalisir angka kecelakaan, namun peran orang tua dan masyarakat akan lebih efektif dalam hal ini," ungkapnya.

Dikatakan lagi bahwa upaya lain yang juga dilakukan untuk meningkatkan kesadaran pelajar untuk tidak ugal-ugalan adalah dengan mengiatkan sosialisasi ke sekolah-sekolah dan memberikan pemahaman kepada pelajar agar bisa mematuhi aturan lalu lintas. (05)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube