Headline News

header-int

Pelatihan Keterampilan Kerja Dapat Mengurangi Angka Pengangguran

Rabu, 07 November 2018, 10:21:19 WIB - 271 | Kontributor : Yoni Syafrizal

Pesisir Selatan, 7 November 2018--Untuk mengurangi angka pengangguran di Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), pemerintah daerah (Pemda) setempat melalui Dinas Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans), terus melakukan dorongan dan memotivasi angkatan kerja produktif agar memiliki keterampilan dan keahlian.

Langkah itu bukan saja dilakukan melalui kegiatan program padat karya infrastruktur sebagai mana pada tahun-tahun sebelumnya, tapi juga melalui pelatihan keterampilan kerja, baik yang didanai oleh Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) melalui BLKI Padang, maupun melalui APBD Pessel sendiri.

Kepala Disnakertrans Pessel, Sirdin Masrul menyampaikan kepada pesisirselatan.go.id Rabu (7/11) bahwa memberikan ketarampilan kerja bagi angkatan kerja produktif, bukan saja dapat mengurangi angka pengangguran, tapi juga bisa membuka peluang usaha baru di daerah.

" Karena  memberikan dampak yang positif itu, sehingga para angkatan kerja, didorong untuk bisa mengikuti berbagai pelatihan dan keterampilan kerja setiap tahunya di daerah ini, termasuk juga di tahun 2018 ini," katanya.

Dijelaskanya bahwa tahun lalu Pessel melalui Disnakertran telah memberikan pelatihan keterampilan kerja terhadap 160 angkatan kerja.   

" Kegiatan itu bukan saja terlaksana melalui bantuan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) kabupaten, tapi juga dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) melalui BLKI Padang. Pelatihan ini juga dilakukan terhadap angkatan kerja pada tahun ini," ujarnya.

Dijelaskanya bahwa tahun 2017 dari bantuan APBD, pelatihan keterampilan kerja terlaksana sebanyak 3 paket, sedangkan yang bersumber dari APBN melalui BLKI Padang sebanyak 7 pakat pula, dengan masing-masing per paket sebanyak 16 orang.

Kegiatan tersebut juga berlanjut di tahun 2018 ini sebanyak delapan paket pelatihan yang berasal dari APBD, dan sebanyak sembilan paket dari APBN dengan masing-masing per paket sebanyak 16 orang.

" Upaya ini kita dilakukan, sebab memberikan keterampilan kerja kepada angkatan kerja, bukan saja dapat mengurangi angka pengangguran. Tapi juga bisa membuka peluang usaha baru dalam menyerap angkatan kerja setiap tahunya," tutup Sirdin. (05)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube