Headline News

header-int

Pemantauan Limbah Usaha Peternakan Dilakukan Secara Berkala

Rabu, 14 November 2018, 13:07:10 WIB - 316 | Kontributor : Yoni Syafrizal

Pesisir Selatan, 14 November 2018--Untuk menjaga agar lingkungan masyarakat terbebas dari dampak limbah yang dihasilkan dari usaha peternakan, pemerintah daerah (Pemda) Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) setempat lakukan pemantauan usaha peternakan skala menengah dan besar secara berkala.

Langka itu bertujuan selain untuk memastikan ketersediaan stok dan perkembangan usaha masyarakat dalam menyuplai kebutuhan daging, juga  untuk mengendalikan dampak lingkungan dari limbah yang dihasilkan.

Kepala DLH Pessel, Nely Armidha mengatakan kepada pesisirselatan.go.id Rabu (14/11) bahwa di daerah itu ada beberapa perusahaan skala menengah yang menjadi plasma dari sejumlah perusahaan yang bergerak di bidang peternakan ayam pedaging.

" Agar usaha yang sudah tergolong pada skala menengah dan besar tersebut bisa semakin berkembang dan juga tidak memberikan dampak lingkungan dari limbah yang dihasilkan, sehingga pemantauan dilakukan secara berkala. Ini dilakukan disemua kecamatan di daerah ini," ungkapnya.  

Dikatakanya bahwa pemantauan terhadap limbah dan dampak lingkungan akan terus dimonitor supaya keberadaan usaha ayam pedaging, kambing pedaging dan sapi pedaging, tidak mencemari lingkungan, walau disatu sisi usaha itu dapat menumbuhkan ekonomi masyarakat di daerah.

Dia juga menyampaikan kepada masyarakat peternak supaya proaktif menyikapi persoalan atau dampak yang bisa ditimbulkan dari usaha yang digeluti itu.

" Tujuanya agar limbah yang dihasilkan dari usaha peternakan tersebut tidak menimbulkan dampak yang tidak baik terhadap lingkungan," ingatnya.  

Kepada masyarakat peternak, dia juga berharap agar usaha yang sudah digeluti itu dilengkapi dengan izin, agar memiliki legalitas yang jelas.

" Agar usaha yang digeluti memiliki legalitas yang jelas, maka kepada peternak saya menghimbau supaya melengkapi perizinan. Karena dengan memiliki izin, berbagai dampak yang akan terjadi dari usaha yang digeluti, sudah melalui kajian. Bahkan dengan memiliki izin itu, pihak pemodal juga yakin bila ingin memberikan suntikan dana," tutupnya. (05)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube