Headline News

header-int

Pemerintah Pusat Kucurkan Rp3 Triliun Ke Pesisir Selatan Bangun Infrastruktur

Rabu, 10 Okt 2018, 09:30:33 WIB - 22 | Didi Someldi Putra

Pesisir Selatan, 10/10/2018 - Bupati Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Hendrajoni mengungkapkan pemerintah pusat melalui beberapa kementerian mengucurkan anggaran lebih kurang Rp3 triliun untuk membangun berbagai infrastruktur sejak tiga tahun terakhir.

"Infrastruktur tersebut mulai dari jalan baik jalan lintas sumatera maupun jalan di Kawasan Wisata Bahari Terpadu Mandeh, pembangunan batu penahan ombak, pembangunan rumah layak, pasar semi modern dan lain sebagainya," katanya di Painan, Rabu.

Ia menyebutkan, kucuran anggaran sebesar itu tidak didapatkan begitu saja, namun melalui kerja keras pejabat setempat mulai dari menyiapkan proposal hingga mendatangi langsung pejabat pusat.

"Jika hanya mengandalkan APBD kabupaten pembangunan tidak akan berjalan maksimal karena anggarannya yang terbatas," sebutnya.

Ia mengungkap pada 2018 APBD kabupaten setempat hanya Rp1,7 triliun dan Rp900 miliar habis untuk belanja pegawai.

"Jika hanya mengandalkan APBD kabupaten tentu kita tidak bisa berbuat banyak namun dengan bagusnya respon pejabat pusat pembangunan di Pesisir Selatan menggeliat," katanya.

Ia melanjutkan dengan pembangunan yang menggeliat diharapkan dapat memacu pertumbuhan ekonomi masyarakat.

"Jika sebelumnya masyarakat yang kurang mampu hanya terfokus untuk membangun rumah layak maka dengan adanya bantuan pembangunan rumah dari pusat mereka tidak fokus ke hal itu dan bisa memperuntukan rencana biaya pembangunan rumah untuk biaya pendidikan dan lain sebagainya," sebutnya.

Begitu juga dengan adanya pembangunan di lokasi objek wisata diharapkan kunjungan wisatawan semakin meningkat dan diharapkan masyarakat bisa memanfaatkan situasi itu menjadi pelaku usaha pariwisata.

Hal tersebut terlihat di objek wisata Kawasan Wisata Bahari Terpadu Mandeh, sejak jalan di lokasi mulai dibangun setiap harinya kunjungan wisatawan ke lokasi semakin ramai, tambahnya.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2018 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube