Headline News

header-int

Pemkab Pessel Bakal Lengkapi Lompat Tebing di Sironjong Ketek Mandeh dengan Panduan Wisata

Kamis, 27 Desember 2018, 11:29:10 WIB - 326 | Kontributor : Kiki Julnasri Priatama
Pemkab Pessel Bakal Lengkapi Lompat Tebing di Sironjong Ketek Mandeh dengan Panduan Wisata

Pesisir Selatan, 27/12/2018-- Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat bakal melengkapi lokasi cliff jump atau lompat tebing di Sironjong Ketek, Kawasan Wisata Mandeh, Koto XI Tarusan dengan panduan wisata untuk para wisatawan menguji adrenalin di lokasi tersebut.

"Ini sudah kita bahas bersama Dinas Pariwisata, bagaimana lokasi cliff jump di Sironjong dilengkapi dengan petunjuk," kata Sekdakab Pesisir Selatan, Erizon di Painan, Kamis (27/12).

Dia mengakui, sejauh ini destinasi atraksi cliff jump atau lompat tebing di Sironjong Ketek Mandeh memang hanya sebagai destinasi tambahan, dan karena demikian tempat tersebut belum dilengkapi secara khusus dengan panduan untuk wisatawan.

"Dan sebagai tempat atraksi tambahan, kita berharap aksi-aksi lompat tebing atau cliff jump di Sironjong Ketek, bisa dilakukan oleh orang atau wisatawan yang ahli. Tapi, saat ini tanpa ada petunjuk tidak ada yang membatasi," sebutnya.

Selain melakukan, penataan panduan untuk tempat cliff jump di Sironjong Ketek. Pemkab Pessel secara keseluruhan, juga akan menata tempat-tempat yang sudah menjadi perhatian masyarakat untuk saat berwisata ke Mandeh.

"Selain petunjuk, ini kami juga akan membuat petunjuk arah secara keseluruhan (di Mandeh). Karena ini harus kita lakukan demi menjaga kenyamanan dan keamanan pengujung saat berwisata ke Manfeh," terangnya.

Sebelumnya, pada Selasa 25 Desember 2018, salah seorang wisata asal Banten bernama meninggal dunia akibat melakukan cliff jump di Sironjong Ketek. Kejadian ini dihimpun, dari laporan Wali Nagari atau Kepala Desa setempat.

Seperti dikatakan, peristiwa ini terjadi disaat korban melakukan cliff jump di atas platform atau tempat cliff jump ketinggian 15 meter dari permukaan laut. Saat korban melakukan aktraksi tersebut untuk yang kedua kali, terbenam dan meninggal dunia di ke dalam 30 meter dari dasar laut.

Diketahui, Sirojong Ketek merupakan sebuah pulau kecil di kawasan Wisata Mandeh. Di pulau ini ada sebuah platform cliff jump dengan dua platform yang bisa dijadikan pilihan, platform pertama berada di ketinggian 5 meter dan kedua berada di ketinggian sekitar 15 meter dari permukaan laut. (08)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube