Headline News

header-int

Pemkab Pessel Imbau Nagari Ciptakan Destinasi Wisata Inovatif

Sabtu, 17 Mar 2018, 12:10:25 WIB - 63 | Tusrisep
Pemkab Pessel Imbau Nagari Ciptakan Destinasi Wisata Inovatif

 

PESISIR SELATAN - Pemkab Pesisir Selatan (Pessel) Sumatera Barat mengimbau kepada jajaran pemerintahan Nagari di daerahnya, untuk bisa membangun destinasi - destinasi wisata di daerah masing - masing. 

 

"Kami (Pemkab Pessel), imbau para perangkat Nagari untuk bisa berinovasi dalam membangun /menciptakan destinasi di wilayah masing-masing, " kata Kepala Dinas Pariwisata Pessel, Mawardi Roska, Sabtu (17 /3/2018). 

 

Berinovasi maksudnya, adalah bagaimana menciptakan ide - ide unik dalam memoles lokasi - lokasi  wisata,  targetnya memancing pengunjung datang. 

 

" Tapi, tetap disesuaikan dengan kultur daerah,  " katanya. 

 

Misalnya,  kalau daerahnya pegunungan fokus saja ke destinasi pegunungan, sungai, sawah, kebun dan lainnya. 

 

Kemudian, kalau lokasi laut, fokus ke pantai dan aktifitas nelayan. 

 

" Ide unik dibutuhkan adalah ber-budjet kecil (dana kecil), memiliki nilai seni, dan dapat menyedot perhatian pengunjung, " terangnnya. 

 

Di Nagari dekat pegunungan, contoh dia, bagaimana bisa Nagari tadi memoles wisata melihat petani panen padi, atau berselfi (berswafoto) di tepi sawah yang tengah menguning dan lainnya. 

 

" Untuk itu, Nagari seperti tinggal membuat lokasi berfoto di tepi sawah, tak perlu juga besar dengan bahan bambu plus hiasan menarik/unik, dan lainnya. Sederhana, tapi menarik dan unik.  Yakin lah, destinasi wisata seperti ini bakal dilirik wisatawan, " kata Mawardi. 

 

Begitu juga di daerah pantai, bisa juga dibuat sesuatu yang mirip seperti daerah pegunungan tadi. 

 

" Kalau titik destinasi wisata inovatif ini terdapat banyak di Pessel, dan tersebar di setiap Nagari, angka kunjungan wisata diyakini akan terus meningkat, perekonomian masyarakat bergerak, peluang kerja baru pun bakal tercipta secara sendirinya, " papar Mawardi. (13)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2018 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube