Headline News

header-int

Pemkab Pessel Tingkatkan Mitigasi Untuk Kurangi Resiko Bencana Bagi Masyarakat

Rabu, 21 Agustus 2019, 09:42:21 WIB - 202 | Kontributor : Marlison
Pemkab Pessel Tingkatkan Mitigasi Untuk Kurangi Resiko Bencana Bagi Masyarakat

Pesisir Selatan-Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan terus berupaya meningkatkan  program mitigasi untuk mengurangi resiko bencana bagi masyarakat. Terkait dengan mitigasi itu, kabupaten ini membutuhkan anggaran  yang cukup besar ."Dana itu  dimanfaatkan untuk pembangunan berbagai infrastruktur mitigasi bencana," ungkap Bupati Pessel, Hendrajoni, Rabu (21/8).

Dikatakan, infrastruktur yang diperlukan adalah shelter yang tersebar diberbagai lokasi, pembangunan sekaligus peningkatan ruas jalan dan jembatan evakuasi tsunami, program pelatihan penanggulangan dan simulasi bencana.

"Kabupaten Pesisir Selatan bisa disebut mall-nya bencana. Potensi bencana disini lengkap seperti gempa, tsunami, banjir bandang, longsor, kabut asap dan lainnya. Semua itu membuat pemerintah perlu waspada dan berupaya menyiapkan program mitigasi secara maksimal," ucapnya.

Lebih lanjut dijelaskan, secara geografis sebagian besar wilayah ini masuk zona merah bencana. Di sisi lain, mayoritas masyarakat berdomisili dalam radius 0 - 3 km dari bibir pantai.

"Makanya, Pemkab terus menjalin kerjasama dengan semua pihak, untuk memahami kondisi itu, transparan memberikan informasi dan tidak ada yang ditutup-tutupi, sehingga masyarakatpun siap menghadapi bencana," katanya.

Dijelaskan, mitigasi bencana adalah serangkaian upaya untuk mengurangi risiko bencana, baik melalui pembangunan fisik maupun penyadaran dan peningkatan kemampuan menghadapi ancaman bencana.

Sedangkan bencana adalah peristiwa atau rangkaian peristiwa yang mengancam dan mengganggu kehidupan dan penghidupan masyarakat yang disebabkan, baik oleh faktor alam dan/atau faktor non alam maupun faktor manusia sehingga mengakibatkan timbulnya korban jiwa manusia, kerusakan lingkungan, kerugian harta benda, dan dampak psikologis. (03)

 

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube