Headline News

header-int

Pemnag Didorong Bangun Puskesri Untuk Berikan Pelayanan Kesehatan Masyarakat

Senin, 03 Des 2018, 13:53:38 WIB - 18 | Marlison

PESISIR SELATAN, 3/12/2018-Pemerintah nagari di Kabupaten Pesisir Selatan didorong membangun Pusat Kesehatan Nagari (Puskesri). Demikian dikatakan, Kadis Kesehatan Pessel, dr. Satria Wibawa saat mendampingi bupati meninjau lokasi di Koto Baru Kambang, Senin (3/12).

Disebutkan, keberadaan Puskesri di nagari sangat penting untuk memberikan pelayanan kesehatan pertama kepada masyarakat. Bila nagari sudah memiliki Puskesri, maka Dinas Kesehatan akan menempatkan bidan disana. Sementara itu sisi lain, Puskesmas sebagai fasilitas pelayanan kesehatan terdepan, dituntut mampu melakukan inovasi dan berbagai terobosan-terobosan.

Upaya itu bertujuan agar penerapan model pelayanan ramah anak di tingkat Puskesmas bisa terwujud di Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel). Harapan itu disampaikan, karena sebagai kabupaten yang tengah gencar melakukan percepatan untuk menuju layak anak, peran itu ada pada Puskesmas, sesuai dengan fungsinya sebagai lembaga pertama dalam memberikan pelayanan pemenuhan hak kesehatan anak.

Serta juga peningkatan kesehatan, pencegahan penyakit, pengobatan, pemulihan. " Bila seluruh Puskesmas dapat menyelenggarakan upaya pemenuhan hak kesehatan terhadap anak, atau yang dikenal dengan Puskesmas Layak Anak (PLA), maka seluruh permasalahan kesehatan akan dapat teratasi dan terpenuhi," ucapnya.

Oleh karena itu kepada kepala Puskesmas sebagai unjung tombak, diminta memiliki inovasi dan berbagai terobosan agar langkah-langkah untuk menuju Puskesmas layak akan tersebut bisa tercapai di Pessel nantinya," harap Gunawan.

Disampaikanya bahwa anak sebagai generasi masa datang harus dirangsang memiliki mental yang tangguh, berkepribadian baik, serta juga memiliki daya saing. " Untuk mencapai harapan itu tidak saja bisa dilakukan secara sendiri oleh jajaran Dinas Kesehatan melalui Puskesmas. Tapi membutuhkan dukungan dan peran aktif dari semua elemen. Diharapkan melalui upaya ini, Pessel juga dapat mewujudkan daerah ini sebagai kabupaten yang layak anak. Sebab salah satu adalah melalui penerapan pelayanan Puskesmas ramah anak ini," terangya. (03)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2018 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube