Headline News

header-int

Pemnang IV Koto Mudiek Tuntaskan 3 Paket Pembangunan Irigasi Tahun Anggaran 2018

Selasa, 16 Oktober 2018, 12:58:41 WIB - 286 | Kontributor : Marlison
Pemnang IV Koto Mudiek Tuntaskan 3 Paket Pembangunan Irigasi  Tahun Anggaran  2018

PESISIR SELATAN, 16/10/2018-Pemerintah Nagari IV Koto Mudiek, Kecamatan Batang Kapas menuntaskan 3 paket kegiatan pembangunan infrastruktur irigasi dengan memanfaatkan Dana Desa (DD) tahun anggaran 2018. Hal itu dikemukakan Walinagari IV Koto Mudiek, Syafran Tamsa, Selasa (16/10).

Ia menjelaskan, tiga pembangunan irigasi itu adalah Banda Balai Lamo dengan dana sebesar Rp 103 juta, Banda Talao Kampung Palo Banda Rp 103 juta dan Banda Balakang Bakuang Kampung Lubuk Bangka Rp 52 juta.

Disebutkan, tiga irigasi tersebut dapat mengairi lebih kurang 40 hektare lahan persawahan ditiga kampung yaitu Kampung Balai Lamo, Palo Banda dan Balakang Bakuang.

"Tiga irigasi tersebut dapat mengairi lebih kurang 40 hektare lahan persawahan masyarakat ditiga kampung masing-masing Balai Lamo, Palo Banda dan Balakang Bakuang. Kemudian pembanguan ketiga irigasi itu telah menjadi dambaan masyarakat sejak lama. Tahun 2018 ini baru dapat terealisasi dengan memanfaatkan Dana Desa," ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakan, secara fisik pembangunan ketiga irigasi itu  telah selesai 100 persen, dan saat ini sedangkan dilakukan pengukuran dan penghitungan oleh Pendamping Desa Teknis Infrastruktur (PDTI).

Selain pembangunan tiga irigasi, pemerintah nagari setempat juga telah menyelesaikan pembangunan jalan rambat beton Kampung Lubuk Bangka sebesar Rp 46 juta yang juga memanfaatkan Dana Desa tahun anggaran 2018.

Disebutkan, jalan rambatan beton tersebut berfungsi sebagai jalan lingkungan ke permukiman masyarakat. Pembangunan jalan juga menjadi dambaan masyarakat sejak lama.  

"Tahun ini, pembangunan bidang infrastruktur di Nagari IV Koto Mudiek menjadi skala prioritas dalam rangka meningkatkan perekonomian masyarakat. Infrastruktur yang dibangun seperti irigasi, jalan dan lainnya. Kedepan kami berupaya pembangunan infrastruktur dalam upaya mendukung peningkatan ekonomi terus ditingkatkan," ucapnya.

Ia menambahkan, setiap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi baik dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan maupun pembinaan kemasyarakatan di Nagari IV Koto Mudiek selalu dikoordinasikan dengan Bamus, sehingga nantinya bisa diawasi dengan baik.

"Dalam hal penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pembinaan kemasyakatan, kita tidak bisa berjalan sendiri, tetapi harus didukung dan diawasi oleh Bamus. Dalam hal ini, peran Bamus sangat penting dan strategis sehingga kesejahteraan masyarakat nagari dapat terwujud," tukasnya. (03)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube