Headline News

header-int

Pendamping PKH Se Sumatera Ikuti PBL

Kamis, 13 Sep 2018, 11:41:54 WIB - 9 | Elfi Mahyuni, SH

Pesisir Selatan 13/9/2018-- Sebanyak 120 orang pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) mengikuti pelatihan Praktek Belajar Lapangan (PBL) Family Devolopmen Seosen (PDS)  Minggu (9/9) di PBL Kantor Camat Koto XI Tarusan . 

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Pesisir Selatan,bersama  Balai Diklat Regional 1 Sumatera. Dengan  perserta berasal dari pendamping PKH se Sumatera, kecuali Lampung dan Kepri. Yang  mendatangkan pemateri dari Widyaiswara Kemensos, dengan mode latihan 6 hari di lapangan dan 6 hari di kelas.

Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Pesisir Selatan, Emirda Ziswati Senin(10/9) di Tarusan mengatakan, dipilihnya Kabupaten Pesisir Selatan oleh Kemensos sebagai pelaksana pelatihan PBL ini, bukan karena alasan. Sebab sejak, tahun 2007 Kabupaten Pesisir Selatan dipilih karena daerah  adalah penerima PKH 

Kegiatan ini dihadiri Kepala Diklat Regional 1 Sumatera GRM Soeryo Darsono serta  para widyaiswara sebagai pendamping peserta diklat. Dimama  pelatihan kali ini para  pendamping PKH menerima  pola  sistem sehari di lapangan sehari di kelas, atau mode latihan 6 hari di lapangan dan 6 hari di kelas. Sekaligus langsung praktek ke keluarga penerima manfaat PKH di lapangan. 

Adapun materi terbaru dalam pelatihan tersebut yaitu, fàmily developmen session. Dimana, setiap pendamping PKH wajib melakukan pertemuan dengan keluarga penerima manfaat PKH untuk  diajarkan dan diinformasikan tentang penggunaan dana yang diterima baik untuk kesehatan, pendidikan, berusaha dan juga masalah perlindungan anak dari tindak kekerasan.

"FDS atau dalam bahasa Indonesia disebut P2K2, merupakan Program Peningkatan Keluarga yang merupakan  salah satu dari program strategis kemensos untuk tahun 2019 nanti.Dan Diklàt PBL akan berakhir tanggal 17 September 2018 nanti," ujarnya

'' Kita menerima peserta diklat untuk melaksanakan praktek belajar lapangan (PBL) . Diklatnya sendiri dilaksanakan di balai diklat regional I di Padang," tutur Emirda.(07)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2018 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube