Headline News

header-int

Pengembangan Agrowisata dan Eduwisata Membutuhkan Kerjasama Walinagari

Jumat, 16 Agustus 2019, 15:34:53 WIB - 292 | Kontributor : Yoni Syafrizal
Pengembangan Agrowisata dan Eduwisata Membutuhkan Kerjasama Walinagari

Pesisir Selatan--Potensi yang dimiliki oleh Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) di sektor pertanian, tidak hanya menjadikan daerah itu sebagai lumbung padi, serta berbagai produk lainya disektor pertanian dan perkebunan.  

Tapi potensi itu juga bisa dikembangkan sebagai kawasan agrowisata dan eduwisata, seiring dengan dijadikanya pariwisata sebagai sektor unggulan di daerah itu.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (Distanhortbun) Pessel, Nusirwan Jumat (16/9).  

Diungkapkanya bahwa pihaknya melalui kerjasama berbagai stakeholder terkait, akan terus berupaya mengembangkan potensi sektor pertanian dan perkebunan, yang juga memiliki nilai guna terhadap pengembangan pariwisata yang terus berkembang di daerah itu.
 
"Eduwisata dan ekowisata pertanian akan menambah daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang akan berkunjung ke Pessel. Potensi ini cukup besar bisa dikembangkan di Pessel, sebab akan menjadi destinasi baru bagi wisata-wisata lainya di daerah ini," katanya.
 
Agar pengembangan bisa dilakukan secara maksimal sesuai dengan potensi yang ada, sehingga dukungan dan kerja sama dari pemerintahan nagari, maupun dari masyarakat petani itu sendiri sangat diharapkanya.  

"Selain stakeholder terkait, Kita juga sangat mengharapkan kerja sama dari pemerintah nagari dan masyarakat petani dalam mengembangkan potensi eduwisata dan ekowisata yang ada itu. Sebab keberadaan lokasi atau kawasan yang akan dikembangkan, tersebar hampir di semua nagari yang ada di Pessel," ujarnya.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Pessel, Hadi Susilo mengatakan bahwa potensi pengembangan eduwisata dan ekowisata hampir dimiliki oleh semua nagari pada 15 kecamatn yang ada di Pessel.

"Melalui pengembangan eduwisata dan ekowisata ini nanti, maka masyarakat yang berkunjung ke Pessel juga akan memiliki pilihan, atau tidak hanya tertuju pada wisata bahari semata sebagai mana keunggulan yang di miliki Pessel saat ini," ujarnya.

Disampaikanya bahwa konsep pengembangan eduwisata dan ekowisata tersebut akan dilakukan sesuai dengan potensi yang dimiliki oleh kawasan-kawasan yang dikembangkan.

"Salah satu kawasan eduwisata yang sudah sangat populer saat ini di Pessel adalah kawasan wisata Pantai Penyu di Nagari Ampingparak Kecamatan Sutera. Kita juga berharap kelompok masyarakat yang peduli terhadap lingkungan, juga dapat mengembangkan eduwisata ini pada nagari-nagari lainya di Pessel, termasuk juga ekowisata," timpalnya. (05)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube