Headline News

header-int

Peningkatan Pemahaman Agama melalui Lembaga Pendidikan Subuh (LPS)

Jumat, 08 Jun 2018, 14:54:23 WIB - 89 | Marlison

PESISIR SELATAN, Saat ini, peningkatan pemahaman agama bagi kalangan remaja di Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), salah satunya dilakukan melalui Lembaga Didikan Subuh (LDS). Selain itu, peran pemerintah, kepedulian orang tua dan masyarakat serta lingkungan sangat dibutuhkan agar LDS yang telah dijadikan sebagai konsep pendidikan agama bagi TPA/TPSA  benar-benar tercapai secara maksimal, ungkap Bupati Hendrajoni, Jumat (8/6) di Painan.

Dikatakan, LDS yang diterapkan oleh semua TPA/TPSA perlu mendapat dukungan penuh dari semua elemen masyarakat, terutama sekali orang tua, "Melalui kegiatan ini diharapkan pemahaman dan peningkatan pengetahuan secara dini bagi anak terhadap ajaran agama Islam bisa dilakukan. Diharapkan itu menjadi pondasi kuat bagi mereka agar keimananya tidak mudah goyah," ucapnya.

Disebutkan, untuk memotivasi para santri aktif dalam kegiatan LDS, maka pemerintah daerah melalui tim LDS kabupaten dan provinsi melakukan perlombaan setiap tahunnya. Diantaranya, lomba baca Al Quran, pidato, sholat jenazah dan lainnya. Kemudian juga dialog interaktif dengan dewan hakim yang bertujuan untuk mengetahui sejauhmana kemampuan para santri tentang ilmu agama Islam, ungkapnya.

Secara terpisah Sekretaris Daerah Pessel, Erizon mengatakan, visi dan misi pemerintah daerah Pessel, salah satunya terwujudnya masyarakat yang agamais.  Untuk mencapai visi dan misi tersebut, maka pembangunan bidang keagamaan masuk dalam skala prioritas pembangunan, "Ini juga dapat dilakukan melalui pemberdayaan dan peningkatakan kapasitas LDS di semua TPA/TPSA yang ada. Untuk mewujudkan kualitas pembelajaran yang semakin membaik, maka pengurus LDS mulai dari tingkat nagari, kecamatan hingga ke tingkat kabupaten, ditantang bisa melahirkan sistem atau kurikulum pembelajaran yang lebih berkualitas lagi dimasa mendatang," tukuknya. (03)
    

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2018 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube