Headline News

header-int

Penyelam Sumbar Lakukan Aksi Bersih Pantai

Senin, 20 Agu 2018, 13:51:29 WIB - 22 | Elfi Mahyuni, SH

Painan ,20/8/2018--

Para penyelam (Diver) yang berasal dari beberapa komonitas melakulan aksi kepedulian yaitu bersih laut dari sampah . Aksi ini juga dalam rangka menyambut hut RI ke 73 tahun dan kegiatan ini dilakukan di 73 titip pesisir pantai seluruh Indonesia . Khusus untuk Sumbar aksi bersih pantai dilaksanakan di Kawasan Mandeh Minggu (19/8) .

Panitia Aksi bersih Pantai di Kawasan Mandeh Idrawadi Minggu (19/8) mengungkapkan penyelam Peduli Laut adalah suatu bentuk aksi kepedulian para Diver untuk terlibat langsung dalam setiap aktivitasnya menjaga kelestarian ekosistem laut. Dimana Diver ini berasal dari Komunitas Diver yang berada di seluruh NKRI dimana mempunyai komitmen akan mengawal kelestarian laut untuk Sustainable Diving.

"Kami Sebagai penyelam, merasa mendapat anugerah keahlian dapat diberikan kesempatan untuk melihat apa yang orang lain tidak dapat melihatnya. Seluruh keindahan dunia bawah air, dengan geologi yang unik, biologi, dan siklus kehidupan tersendiri dapat kami nikmati. " ujarnya

Menurutnya penyelam juga mendapat barisan paling depan untuk dampak negatif perubahan iklim dan kelakuan buruk manusia di darat diseluruh dunia, yaitu; pemutihan karang, puing-puing bawah laut dan sampah, dan menurunnya populasi hewan laut kendati Diver juga dapat memberikan dampak negatif terhadap kerusakan ekosistem laut, tidak sedikit terumbu karang rusak akibat tingkah laku penyelam itu sendiri ataupun dampak dari aktivitas Diving.

Ditambahkannua bagaimna kita dapat terus mendukung untuk penyelaman berkelanjutan (Sustainable Diving), dengan memahami praktek penyelaman yang ramah lingkungan sehingga dapat mengurangi dampak negetif pada ekosistem laut. Apakah sebagai Diver sudah melakukan sesuatu walaupun sedikit untuk menciptakan penyelam yang berkelanjutan? " Berlatar belakang inilah kegiatan ini dilaksanalan sebab para penyelam memiliki kewajiban nuga menjaga laut . Maka sebagai Diver saat melakukan penyelaman atau kegiatan kepedulian di darat dalam menjaga ekosistem laut di publilasilan agar semua orang tahu kondisi laut .Banyak hal yang Diver dapat lakukan untuk terus menjaga keindahan bawah laut”. Ujarnya

Indrawadi menambahkan Aksi terdekat akan diakukan adalah Aksi Nyelam Bersama Ambil Sampah di Laut” dalam rangka menyemarakkan HUT ke 73 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang akan dilaksanakan pada Minggu, 19 Agustus 2018 dan secara serentak oleh Diver seluruh Indonesia di daerah masing-masing dari Sabang-Marauke. "Ayo Ajak semua Komunitas Diver dan lainnya di daerah mu, Kita tunjukkan Diver juga peduli laut ," ulasnya(07)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2018 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube