Headline News

header-int

Peran Puskesmas Sebagai Garda Terdepan Harus Terus Diperkuat

Kamis, 09 Juli 2020, 09:58:25 WIB - 368 | Kontributor : Yoni Syafrizal
Peran Puskesmas Sebagai Garda Terdepan Harus Terus Diperkuat

Pesisir Selatan--Kebaradaan Puskesmas sebagai garda terdepan dalam melakukan pelayanan kesehatan di kecamatan, harus mendapat perhatian serius. Selain itu, fungsi Puskesmas juga harus diperkuat baik dari sisi aparatur maupun dari sisi pelayanan medis.

Tujunya agar semua Puskesmas memiliki pelayanan unggulan yang berakses langsung ke masyarakat. Seperti pelayanan kesehatan terhadap DBD, Malaria, penyakit paru-paru, jantung, Lansia dan lainnya.

Hal itu disampaikan Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni, Kamis (9/7).

"Puskesmas sebagai ujung tombak pelayanan kesehatan bagi masyarakat di kecamatan, fungsinya harus diperkuat, baik dari sisi aparatur maupun dari segi pelayanan medis," katanya.

Harapan itu juga disampaikan kepada bidan yang berada di pusat kesehatan nagari (Puskesri). Sebab mereka juga memiliki tanggung jawab dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

"Saat ini semua kecamatan di daerah ini telah memiliki Puskesmas, baik Puskesmas Rawat Jalan, maupun Puskesmas Rawat Inap. Termasuk juga Pusat Kesehatan Pembantu (Pustu) yang tersebar di 15 kecamatan yang ada. Semua sarana ini, keberadaannya bertujuan bagaimana seluruh masyarakat bisa tersentuh dengan pelayanan medis," ungkapnya.

Agar apa yang diharapkan itu benar-benar terwujud, maka kualitas sumberdaya tenaga medis juga harus terus ditingkatkan, tentunya  melalui pendidikan dan pelatihan.

"Ini penting dilakukan, agar pelayanan kesehatan pada masyarakat semakin optimal," ingatnya. (05)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube