Headline News

header-int

Perantau IKPS Diajak Membangun Kampung

Jumat, 23 Maret 2018, 14:05:04 WIB - 317 | Kontributor :

Painan, --Masyarakat Ikatan Perantau Pesisir Selatan (IKPS) yang ada di seluruh Indonesia harus berani berinvestasi, demi mempercepat pembangunan di kampung halaman, terutama di bidang pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan dan pariwisata. 

"Untuk perantau IKPS yang berada di Indonesia, marilah kita bangun kampung halaman dengan menginvestasikan modal di Kabupaten Pessel," ajak bupati Jumat (23/3/2018) melalui via telepon. 

Banyak yang kita jual di negeri sejuta pesona ini. Sektor pertanian kita punya Beras Bawaan, Secara totalitas produksi padi mengalami kenaikan signifikan dari tahun ke tahun, ungkapnya. 

Menurut bupati, dalam eksposnya menjelaskan, hal ini menjadi aneh ketika musim produksi padi naik, maka hasil produksinya akan terganggu. Namun di Pessel berbeda, hal itu naik berbarengan, seperti antara produksi beras dan jagung yang naik secara bersamaan.

Kemudian, di sektor perikanan, dan perkebunan. Komoditi yang potensial antara lain kepala sawit, tebu, dan kayu manis. Sementara, di sektor peternakan masih menjadi unggulan, yaitu daging sapi dan kerbau.

Kendati demikian, di sektor pariwisata, Pessel jauh lebih besar, yang merupakan tujuan wisata dari berbagai daerah, bahkan mancanegara.

"Di sektor pariwisata bukan promosinya yang masih kurang, namun adalah cara pelayanan dan kenyamanan yang kurang memuaskan, di samping pembangunan yang kurang merata," jelasnya.

Ketua IKPS Riau, Jhon Sastri melalui via telepon mengatakan, pihaknya mendukung dan siap membantu Pemkab Pessel, melalui perwakilan perantau yang ada di Riau, untuk bisa secara bersama mengajak pelaku usaha yang ada di Riau untuk join memromosikan potensi-potensi unggulan di Kabupaten Pessel.

"Secara pribadi saya mendukung sekali kegiatan kerjasama yang diminta bupati. Hal ini akan kita bicarakan nanti dengan pelaku usaha lainnya," katanya,(12) 

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube