Headline News

header-int

Pessel Kembali Mendapatkan Bantuan Bedah RTLH Dari Kementrian PUPR Sebanyak 480 Unit

Jumat, 20 Jul 2018, 09:32:42 WIB - 111 | Yoni Syafrizal

Pesisir Selatan, 20//7/2018--Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) kembali mendapatkan bantuan bedah Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) dari Kementrian Pekerjaan Umun dan Perumahan Rakyat (PUPR) sebanyak 480 unit.

Berkat bantuan itu, sehingga total bantuan bedah RTLH yang didapatkan oleh daerah itu sudah mencapai 1.515 selama tahun 2018, sebab sebelumnya juga sudah disalurkan sebanyak 1.035 unit dengan nilai Rp 15 juta per unit.

Hal itu disampaikan Bupati Pessel, Hendrajoni Jumat (20/7) saat melakukan apel gabungan di halaman kantor bupati setempat.

" Dengan kembali didapatkanya bantuan RTLH oleh Pessel, maka di tahun 2018 ini jumlah rumah masyarakat miskin yang dibedah dengan sumber dana berasal dari Kementian PUPR akan mencapai 1.515 unit. Saya katakan demikian, sebab sebelumnya Pessel juga telah mendapatkan sebanyak 1.035 unit, dengan nilai per unitnya Rp 15 juta," katanya.

Dijelaskanya bahwa upaya yang dilakukan pemerintah daerah (Pemda) melalui OPD terkait tersebut, patut disyukuri oleh masyarakat. Sebab melalui bantuan itu, upaya Pessel dalam menuntaskan persoalan RTLH bisa terjawab dalam waktu singkat.

Ditambahkannya bahwa pada awal tahun 2016, terdata jumlah rumah warga miskin yang tidak layak huni ada sebanyak 6.500 unit di daerah itu. Rumah tersebut tersebar di 182 nagari yang ada.

Terkait bantuan itu, Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (Disperkimtan) Pessel, Mukhridal ketika dihubungi pesisirselatan.go.id menjelaskan bahwa kepastian untuk kembali mendapatkan bantuan bedah rumah sebanyak 480 unit itu, telah kita terima Kamis (19/7) sore dari Kementian PUPR melalui Dirjen Penyediaan Perumahan.

" Selama tahun 2018, kita di Pessel sudah mendapatkan bantuan bedah rumah dari Kementrian PUPR melalui Dirjen Penyediaan Perumahan sebanyak tiga tahap, dengan jumlah sebanyak 1.035 unit. Dengan kembali diterima sebanyak 480 unit sebagai mana saat ini, maka totalnya akan mencapai 1.515 unit," ujarnya.

Dia menambahkan bahwa terkait bantuan itu, pihaknya melalui kerja sama walinagari juga tengah melakukan validasi terhadap calon penerima manfaatnya. Sebab bantuan itu akan direalisasikan dalam waktu dekat.

" Bagi kita apakah yang akan mengerjakan Satker Provinsi, atau pusat, tidak jadi persoalan. Yang jelas kita tahun ini kembali mendapatkan bantuan RTLH, dan ini merupakan harapan oleh masyarakat, terutama sekali masyarakat miskin" ujarnya.

Dengan kembali diterimanya bantuan RTLH sebanyak 480 unit ini, maka total bantuan yang telah disalurkan kepada masyarakat miskin melalui bedah RTLH di Pessel tahun 2018 telah mencapai Rp 22,725 miliar.

" Angka itu berdasarkan nilai per unitnya sebesar Rp 15 juta," timpal Mukhridal. (05)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2018 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube