Headline News

header-int

Pessel Terus Tingkatkan Peran dan Kemampuan Kelompok Siaga Bencana

Selasa, 13 November 2018, 14:52:00 WIB - 343 | Kontributor : Yoni Syafrizal

Pesisir Selatan, 13 November 2018--Sebagai salah satu daerah yang rawan terkena berbagai dampak bencana, peningkatan kemampuan Kelompok Siaga Bencana (KSB) perlu terus dilakukan.

Upaya itu juga dilakukan Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) malalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat, agar dampak yang ditimbulkan bila bencana terjadi dapat diminimalisir.

Kepala BPBD Pessel, Herman Budiarto mengatakan kepada pesisirselatan.go.id Selasa (13/11) bahwa untuk memaksimalkan penanganan ketika terjadi bencana, pihaknya di daerah itu juga melakukan peningkatan kemampuan dan memberdayakan masyarakat melalui pembentukan Kelompok Siaga Bencana (KSB).

Upaya itu dilakukan, karena secara geografis dan tofografis  Pessel memiliki tingkat kerawanan bencana yang tinggi.

Dikatakan tinggi, karena ancamanya bukan saja banjir, tanah longsor, abrasi pantai, angin kencang dan kebakaran hutan, tapi juga gempa yang disertai tsunami.

" Karena kondisi itu, sehingga kehadiran KSB perlu terus diberdayakan dalam menjawab penanganan berbagai potensi bencana itu bila benar-benar terjadi.  Kehadiran Kelompok Siaga Bencana yang telah tersebar di 282 nagari yang ada sebagai mana saat ini, memang diharapkan bisa  optimal menjalankan fungsi dan tugasnya di lapangan," ujarnya.

Dia menyampaikan bahwa KSB mada masing-masing nagari tersebut juga didorong untuk memberikan pelatihan dan sosialisasi kepada masyarakat dalam mengenalkan apa itu bencana, serta upaya yang harus dilakukan bila bencana itu terjadi.

" Karena Pessel berada di sepanjang pantai barat Pulau Sumatera yang memiliki resiko bencana gempa dan tsunami, maka Pemkab bersama stakeholder terus berupaya membangun kesiapsiagaan dengan melakukan langkah-langkah antisipasi berupa penyiapan petugas serta meningkatkan sosialisasi kepada masyarakat," tutupnya. (05)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube