Headline News

header-int

Pokdarwis Pessel Kembali Mendapatkan Pembinaan

Rabu, 19 Desember 2018, 14:22:01 WIB - 332 | Kontributor : Elfi Mahyuni, S.H
Pokdarwis Pessel Kembali Mendapatkan Pembinaan

Pesisir Selatan 19/12/2018 -- Sebanyak 40  pelaku wisata se Kabupaten Pesisir Selatan kembali mendapatkan pelatihan peningkatan dan pengembangan Gerakan Sadar Wisata . Kegiatan ini perlu dilakukan sebagai upaya pembinaan kepada masyarakat disekitar objek wisata dalam mengembangkan pariwisata di daerahnya . 

"Peran serta dan keterlibatan masyarakat diperlukan dalam mendukung upaya pengembangan ke pariwisata, masyarakat didorong untuk ikut dalam pengembangan pariwisata dan sekaligus mengambilkan manfaat ekonomi bagi peningkatan kesejahteraan ," ujarnya Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Pessel Mawardi Roska di Pembinaan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di Hotel Saga Murni Rabu (19/12) . 

Menurutnya peningkatan dan pengembangan gerakan sadar wisata pada setiap objek wisata diperlukan sumber daya manusia (SDM) yang profesional di bidang kepariwisataan . Hal ini disebabkan karena kurangnya pengetahuan di bidang pariwisata . Biasanya kesan pada diri wisatawan yang datang ke destinasi wisata akan sangat dipengaruhi oleh sikap dan karamahtamahan dari masyarakat lokal . Oleh karena itu pembangunan kepariwisataan memerlukan dukungan dan keterlibatan dari seluruh pemangku kepentingan di bidang pariwisata . 

Ditambahkannya masyarakat adalah salah satu unsur penting yang harus dilibatkan bersama sama dengan pemerintah dan kalangan usaha/swasta untuk bersinergis melaksanakan dan mendukung pembangunan kepariwisataan .Dukungan dari masyarakat dapat di perolehan melalui penanaman  kesadaran masyarakat akan arti penting pengembangan kepariwisataan . 

" Untuk itu dibutuhkan pelatihan peningkatan dan pengembangan gerakan Sadar Wisata ini dengan tujuan untuk meningkatkan peran dan partisipasi masyarakat dalam pembangunan kepariwisataan ,khusus nya penerapan unsur Sapta Pesona (aman,tertib,bersih,sejuk,indah,ramah dan kenangan . Dengan pelatihan dan pembengkalan pelaku wisata dan Pokdarwis diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan keahlian SDM dibidang pariwisata ," ujarnya 

Joni Mardianto Wakil Ketua 1 Asita Sumbar yang menjadi narasumber mengungkaplan  Pemberdayaan masyarakat di Kawasan wisata khsususnya Pesisir Selatan yang memiliki kawasan Mandeh, Cerocok Painan perlu selalu dilakukan ,agar seiring berkembangnya  destinasi wisata maka  pola dan tingkah laku masyarakat juga harus membaik dan mampu menjadi pelaku wisata andal.

"Sekarang ini pemerintah selalu berusaha untuk melengkapi sarana dan prasarana dengan mensinergikan semua lini untuk bisa terlibat langsung dan melahirkan program program pengembangan," ujarnya

Ditambahkan nya pengembangan pariwisata yang ada jangan hanya pokus pada lokasi pariwisata tersebut saja, namun semua potensi yang ada di sekitar kawasan harus juga ikut digali seperti potensi kulinernya,budaya, seni keterampilan . Sehingga perkembangan wisata bisa dinikmati semua kalangan dan wisatawan memiliki kesan lebih sebab wisatawan mendapatkan hal yang komplek. 

"Banyak potensi kuliner,budaya, seni  yang belum dikelola maksimal, padahal jika itu bisa dikelola dengan baik dampak yang dirasakan akan semakin besar oleh masyarakat dan banyak kalangan yang bisa mendapatkan manfaatnya," ujarnya(07)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube