Headline News

header-int

Produksi Gabah Kering di Pesisir Selatan capai 326 Ribu Ton

Jumat, 11 Jan 2019, 16:28:13 WIB - 22 | Didi Someldi Putra

Painan, 11/10/2019 - Produksi gabah kering di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat mencapai 326 ribu ton sepanjang 2018 dan tercatat melebihi target yang ditetapkan, kata pejabat setempat.

"Tahun ini target produksi gabah kering hanya sebanyak 290 ribu ton dan target itu berhasil dilewati," kata Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan setempat, Nuzirwan di Painan, Jumat.

Ia menambahkan, produksi gabah kering sebanyak itu merupakan hasil pengolahan sawah seluas 62 ribu hektare yang tersebar di 15 kecamatan pada daerah setempat.

Dengan rata-rata hasil produksi gabah kering per hektare sawah mencapai 5,1 ton.

Hanya saja, ungkapnya, produksi gabah kering saat ini turun jika dibanding 2017, yang waktu itu produksi gabah kering mencapai 370 ribu ton.

Selain itu, rata-rata produksi gabah kering juga tidak sama, waktu itu produksi per hektare mencapai 5,4 ton.

Berikutnya areal sawah yang diolah juga berkurang yang waktu itu mencapai luas 64 ribu hektare sementara tahun ini hanya 62 ribu hektare.

Penurunan produksi gabah kering terjadi karena beberapa hal mulai dari serangan hama wereng, banjir yang menyebabkan produksi lahan berkurang dan lainnya.

Sementara berkurangnya areal yang dikelola karena adanya kerusakan sejumlah daerah irigasi akibat banjir.

"Semuanya merupakan pekerjaan rumah untuk kami, semoga tahun depan produksi gabah kering bisa ditingkatkan dengan maksimal," kata dia.
 

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2019 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube