Headline News

header-int

Program Integrasi Sapi Bali Dengan Sawit Mesti Dioptimalkan Tingkatkan Ekonomi Masyarakat

Jumat, 15 Februari 2019, 09:47:35 WIB - 304 | Kontributor : Marlison

PESISIR SELATAN, 15/2/2019-Program integrasi peternakan sapi bali dengan perkebunan sawit ditiga kecamatan yaitu Basa Ampek Balai Tapan, Lunang dan Silaut mesti dioptimalkan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat. Demikian disampaikan Bupati Pessel, Hendrajoni, Jumat (15/2).

Dijelaskan, ketiga kecamatan itu sangat potensial untuk pengembangan sektor peternakan, khususnya sapi bali karena miliki wilayah yang luas dengan ketersediaan pakan ternak yang memadai. Sedangkan perkebunan sawit juga terus berkembang ditiga kecamatan tersebut.

Dengan demikian, program integrasi usaha peternakan sapi bali dengan perkebunaan sawit yang digulirkan akan memberikan dampak positif terhadap perekonomian masyarakat.

"Oleh karena itu program integrasi usaha peternakan sapi bali dengan perkebunan sawit tersebut, kedepan mesti dioptimalkan. Kemudian masyarakat hendaknya diberikan pembinaan secara intensif terhadap usaha peternakan dengan penerapan teknologi tepat guna," ucapnya.

Sementara Kadis Peternakan dan Kesehatan Hewan Pessel, Hazrita, Jumat (15/2) menyebutkan, selain tiga kecamatan itu sebagai lokasi  progam integrasi sapi bali dengan perkebunan sawit, beberapa kecamatan lainnya seperti Kecamatan Linggo Sari Baganti, Ranah Pesisir, Lengayang dan Sutera dikemas pula menjadi sentra sapi pesisir dan diprioritaskan untuk pelestarian plasma nutfah sapi pesisir.

Sedangkan wilayah bagian utara meliputi Kecamatan Koto XI Tarusan, Bayang, Bayang Utara dan IV Jurai digulirkan program pengembangan ternak unggul dan beragam yaitu sapi bali, sapi brahman, sapi simental dan unggas.

Selanjutnya, pengembangan daerah pemeliharaan itik bayang dan membentuk penangkar serta pemilihan antara hasil produksi telur itik untuk konsumsi dan bibit.

Penangkar pasca panen telur itik untuk konsumsi yang lebih diarahkan untuk kuliner spesifik lokasi telus asin yang sasarannya lokasi wisata.

Lalu, mengoptimalkan pemanfaatan dana desa ke arah pemberdayaan bidang peternakan sesuai aturan yang belaku. Sedangkan investasi berupa aset sarana dan prasarana penunjang kegiatan peternakan serta SDM peternak dan pedagang ternak. (03)

 

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube