Headline News

header-int

Program Pembangunan Kawasan Pedesaan Di Pessel Tahun 2018 Difokuskan Pada Empat Kecamatan

Kamis, 17 Mei 2018, 12:04:59 WIB - 182 | Marlison

PESISIR SELATAN, Tahun 2018, Aksi Program Pembangunan Kawasan Pedesaan di Kabupaten Pesisir Selatan difokuskan pada empat Kecamatan yaitu Bayang Utara yang direncanakan sebagai sentra pertanian organik, Batang Kapas sentra perkebunan durian, Pancung Soal dan Air Pura sentra jagung.

Hal itu dikatakan, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPMDP2KB) Pessel, Hamdi, Kamis (17/5) di Painan.

Dijelaskan, koordinasi aksi pembangunan kawasan pedesaan, guna  mengharmonisasikan program dan kegiatan nagari maupun dinas/instansi terkait perlu dilakukan secara berkelanjutan.

Aksi itu diarahkan pada kawasan pembangunan pedesaan, salah satunya Kawasan Mandeh, Kecamatan Koto XI Tarusan yang kini sudah clear. Di Kawasan Mandeh sudah berlangsung berbagai kegiatan ekonomi kerakyatan yang juga menjadi penunjang pengembangan Mandeh sebagai destinasi pariwisata. "Kami saat ini juga tengah melakukan penjajakan pada beberapa Kecamatan lainnya," sebutnya.

Ia menjelaskan, pembangunan kawasan pedesaan merupakan program prioritas Pemkab Pessel, terutama untuk pengembangan dan peningkatan ekonomi pedesaan dan upaya pemerataan pembangunan di daerah ini. Kegiatan itu disinkronkan dengan program pemerintah nagari bersangkutan yang anggarannya juga bersumber dari dana desa.

"Jika telah ditetapkan sebagai kawasan pembangunan kawasan pedesaan, maka program tersebut ditindaklanjuti dengan  rencana  aksi nagari yang berada dalam kawasan tersebut serta oleh dinas terkait," ungkapnya.

Ia menambahkan, rumusan rencana kerja  pemerintah  dalam mendorong percepatan pembangunan kedepan lebih  difokuskan pada  beberapa program prioritas. Selain itu, pengembangan ekonomi kawasan untuk mendorong keterkaitan desa dengan kota, pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan hidup berkelanjutan, penguatan pemerintahan desa, pengawasan implementasi Undang-Undang (UU) Desa. (03)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2018 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube