Headline News

header-int

Puluhan Peserta Ikuti Pelatihan Membatik dan Menjahit di Lumpo

Jumat, 18 Januari 2019, 08:06:46 WIB - 421 | Kontributor : Riko Candra
Puluhan Peserta Ikuti Pelatihan Membatik dan Menjahit di Lumpo

PESISIR SELATAN, 18 JANUARI 2019 - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi ( Disnakertrans) Kabupaten Pesisir Selatan menggelar kegiatan pelatihan berbasis kompetensi, peningkatan kompentensi tenaga kerja dan produktivitas di Kampung Batik Lumpo Kecamatan IV Jurai, Kamis (17/01).

Pelatihan tersebut terbagi dua jurusan yakni jurusan membatik level II dan jurusan menjahit komponen pakaian, ungkap Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Pesisir Selatan, Sirdin Masrul. SH. MSi, kepada pesisirselatankab.go.id, Kamis (17/01) di Lumpo.

Kegiatan ini memang kita pusatkan di Kampung Batik Lumpo, karena disini sudah pernah mengikuti pelatihan membatik level I, dan sekarang akan dilanjutkan ke pelatihan membatik level II, dengan sumber dana dari APBN, ulas Sirdin.

Pada pelatihan ini kita akan datangkan instruktur yang berpengalaman untuk melatih peserta yang ikuti pelatihan selama satu bulan. Kegiatan pelatihan ini kita bagi menjadi tiga paket, dua paket untuk jurusan membatik level II dan satu paket untuk jurusan menjahit komponen pakaian, dimana masing-masing paket terdiri sebanyak 16 orang peserta. " Total peserta yang ikut pelatihan sebanyak 48 orang dari beberapa Kenagarian yang ada di Lumpo, " ucapnya.

Sementara Wali Nagari Ampuan Lumpo, Syarial. R dalam sambutan mengatakan terima kasih kepada Dinas Nakertrans yang telah mengadakan kegiatan pelatihan ini di Lumpo, semoga kegiatan ini akan memiliki manfaat yang luar biasa bagi peserta dan dapat meningkatkan ketrampilan dalam membatik dan menjahit, tuturnya.

Ketua Dekranasda Kabupaten Pesisir Selatan, Lisda Hendrajoni sangat mengapresiasi kegiatan pelatihan membatik level II dan pelatihan menjahit komponen pakaian. " terima kasih kepada Dinas Nakertrans yang mensuport kegiatan ini, semoga hal ini juga diikuti oleh beberapa daerah lain yang ada di Pesisir Selatan," tutupnya.

Pembukaan pelatihan membatik turut hadir UPTD BLK Sumatera Barat, Wali Nagari Se Lumpo, tokoh masyarakat serta peserta pelatihan. 09

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube