Headline News

header-int

Puskesmas Lumpo Dinilai Tim Komisi Akreditasi Kemenkes

Kamis, 09 Agu 2018, 12:48:00 WIB - 119 | Yoni Syafrizal
Puskesmas Lumpo Dinilai Tim Komisi Akreditasi Kemenkes

Pesisir Selatan, 8 Agustus 2018--Agar kualitas pelayanan sesuai standar yang ditetapkan oleh Kementrian Kesehatan (Kemenkes) bisa didapatkan masyarakat, Puskesmas Lumpo di Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), mendapatkan penilaian dari Survey Akreditasi Kemenkes Kamis (9/8).

Penilaian yang akan dilakukan selama tiga hari yang dimulai Kamis (9/8) hingga Sabtu (11/8) itu, dilakukan oleh Tim Komisi Akreditasi yang pembukaanya dilakukan oleh Bupati Pessel, Hendrajoni dengan diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan dan Hukum, Gunawan di Puskesmas Lumpo.  
 
Selaian dihadiri tim penilai akreditasi Kemenkes, H Amri Majid, dan  Dr Ahamd Tauhit, Tedi Suryadi, acara pembukaan penilaian itu juga dihadiri Kepala Dinskes Pessel, Satria Wibawah, Kepala UPT Puskesmas Lumpo, Hendri Agustian Camat IV Jurai, Salman, Walinagari, para kepala sekolah dan tim medis lainya.    

" Dengan telah terakreditasinya Puskesmas Lumpo ini, maka masyarakat dapat berbangga hati. Karena dengan status tersebut, masyarakat telah bisa mendapatkan pelayanan sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh Kemenkes," ungkap Gunawan.

Dijelaskanya bahwa Puskesmas merupakan fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan upaya kesehatan mesyarakat dan upaya kesehatan perseorangan tingkat pertama.  

Dalam melakukan pelayanan musti lebih mengutamakan upaya promotif dan preventif untuk mencapai derajat kesehatan masyarakat yang setingi-tingginya di seluruh wilayah kerjanya.

" Berdasarkan hal itu, maka idealnya semua Puskesmas harus terakreditasi sesuai dengan Peremenkes RI nomor 46 tahun 2015. Karena persoalan keterbatasan dana dan tenaga pendamping baik sebelum dan sesudah aktereditasi, sehingga tidak bisa dilakukan secara bersamaan. Namun ditergetkan di tahun 2018 ini semua Puskesmas di Pessel telah terakreditasi," jelasnya.

Sedangkan Kepala Dinas Kesehatan Pessel, Satria Wibawah mengatakan bahwa akreditasi Puskesmas telah dimulai sejak tahun 2016 di daerah itu.

Penilaian akreditasi yang dilakukan oleh tim Kemenkes ini, akan dilakukan selama tiga hari ke depan di Puskesmas Lumpo.

" Kita mentargetkan bagai mana Puskesmas Lumpo ini bisa meraih akreditasi predikat paripurna. Namun itu tergantung dari hasil penilaian yang dilakukan oleh tim akreditasi. Yang pasti kita akan terus berupaya untuk menjamin mutu dan kualitas pelayanan kepada masyarakat," ungkapnya kepada pesisirselatan.go.id dengan didampingi Kepala UPT Puskesmas Lumpo, Hendri Agustin.  

Ketua Tim Komisi Akreditasi Kemenkes, Amri Majid menyampaikan bahwa akreditasi tersebut dilakukan untuk meningkatkan mutu pelayanan dan keselamatan pasien, serta untuk meningkatkan kinerja tenaga medis puskesmas, klinik pratama dan tempat praktik mandiri.

" Melalui akreditasi ini, kami ingin mengubah Puskesmas yang terkesan jorok menjadi bersih dan ramah, serta juga memiliki kualitas yang bagus dalam meberikan pelayanan kepada masyarakat. Dari itu semua dokumen yang disajikan akan dilakukan penilaian, apakah sesuai atau tidak. Ini dilakukan selama tiga hari di Puskesmas Lumpo ini," timpalnya. (05)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2018 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube