Headline News

header-int

Puskesmas Lumpo Terapkan Inovasi Program ODGJ Dalam Menangani Pasien Gangguan Jiwa

Selasa, 13 Feb 2018, 19:11:29 WIB - 22 | Yoni Syafrizal

Painan, 13 Februari 2018--Guna memaksimalkan penanganan terhadap masyarakat yang mengalami gangguan jiwa, Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) melalui Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Lumpo Kecamatan IV Jurai terapkan inovasi pragram jiwa.

Kepala Puskesmas Lumpo Kecamatan IV Jurai, Hendri Agustian mengatakan kepada pesisirselatan.go.id Selasa (13/2) di Painan inovasi program jiwa yang lebih dikenal dengan sebutan Puskesmas Pro Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) itu, akan memberikan manfaat maksimal dalam menangani masyarakat yang terkena gangguan jiwa.

" Inovasi Program Jiwa yang lebih dikenal dengan sebutan Puskesmas Pro Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) itu, juga bertujuan agar program bebas pasung bagi warga yang terkena gangguan jiwa benar-benar tercapai secara maksimal. Program bebas pasung ini, telah dicanangkan oleh Bupati Pessel, Hendrajoni di Puskesmas Lumpo pada Sabtu (10/2) lalu, yang ditandai dengan pelepasan balon ke udara," katanya.

Diterangkanya bahwa berdasarkan data selama tahun 2017, kunjungan masyarakat yang mengalami gangguan jiwa yang rutin berobat ke Puskesmas Lumpo sebanyak 44 orang. Dari jumlah itu ada 2 orang yang dipasung, satu orang diantaranya sudah dinyatakan sembuh dan bebas pasung.

" Karena daerah ini telah mencanangkan bebas pasung terhadap semua masyarakat yang mengalami gangguan jiwa. Sehingga satu orang yang masih dipasung itu, dibebaskan dari pasunganya pada hari Sabtu (10/2), yang tentunya dilakukan penanganan terhadap penyakit gangguan jiwa yang dialaminya dengan cara dikirim untuk dirawat di RSJ Prof HB Saanin Padang," ujarnya.

Dia menyampaikan melalui inovasi Puskesmas Pro ODGJ itu, pihaknya memberikan bimbingan dan penyuluhan secara personal kepada klien penyandang masalah kesehatan jiwa.

Upaya itu dilakukan karena setiap klien mempunyai latar belakang masalah yang berbeda. Karena berbeda, sehingga penanganannya tidak bisa dilakukan dengan cara yang serupa antara satu dengan yang lain.

Ditambahkan lagi bahwa Puskesmas Pro ODGJ itu merupakan pengembangan pelayanan kesehatan jiwa berupa konsultasi kesehatan jiwa secara rutin, dan bekerjasama dengan berbagai pihak terkait untuk mendukung menyelesaikan masalah kejiwaan.

Dalam memberikan penangan terhadap masyarakat yang mengalami gangguan jiwa, pihaknya selain konseling, juga melakukan kunjungan rumah dengan melibatkan Pihak Puskesmas, klien dan keluarganya.

Dalam sesi konseling, petugas kesehatan jiwa akan mengkaji keluhan dan kebutuhan klien secara mendalam. Sehingga permasalahan kejiwaan dapat terungkap dan solusi akan masalah tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhan klien maupun keadaan keluarga. (05)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2018 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube