Headline News

header-int

RIPP dan DED Pelabuhan Panasahan Direvisi

Minggu, 18 November 2018, 10:37:50 WIB - 304 | Kontributor : Yoni Syafrizal

Pesisir Selatan, 18 November 2018--Karena dinilia sudah kadaluwarsa, pemerintah daerah (Pemda) Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) melakukan revisi terhadap Rencana Induk Pengembangan Pelabuhan (RIPP) Panasahan Painan.

Revisi itu dilakukan agar percepatan pembangunan pelabuhan bisa dilakukan, sebab  Pelabuhan Panasahan Painan tersebut, bisa dijadikan sebagai penyanggah Pelabuhan Teluk Bayur di perairan Barat Sumatera.   

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub), Nuzirwan mengatakan kepada pesisirselatan.go.is Minggu (18/11) bahwa selain RIPP, pihaknya juga akan memperbaharui detail enginering design (DED) kawasan tersebut.

" Karena RIPP dan DED yang lama itu sudah dianggap kadaluwarsa, sehingga tahun ini kita tidak mendapat dana pengembangannya dari pusat. Berdasarkan hal itu, sehingga pembaharuan terhadap RIPP dan DED tersebut perlu dilakukan. Karena tahun 2018 ini pemerintah daerah tidak mengalokasikan anggaranya, maka pembaharuan ini akan dilakukan di tahun 2019 nanti," ujarnya.

Dia menyampaikan bahwa rencana perubahan tersebut akan dibiayai melalui APBD Pessel sebesar Rp 2 miliar.

" Kita berharap melalui perubahan RIPP dan DED ini, pemerintah pusat akan kembali mengucurkan alokasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) untuk kelanjutan pengembangan kawasan tersebut," ujarnya.

Ditambahkanya bahwa saat ini, pemerintah daerah tengah fokus pembebasan lahan untuk pengembangan kawasan pelabuhan.

" Karena pengembangan kawasan pelabuhan juga akan melibatkan pihak swasta, atau tidak hanya menggandeng dana pusat, sehingga pembebasan lahan ditargetkan bisa mencapai delapan hektare," katanya.

Bahkan dijelaskanya bahwa pemerintah daerah kini juga telah menyiapkan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) sebagai mitra swasta dalam pengelolaannya.

" Ya, memang. Itu sudah ada. Namanya BUMD langkisau. Salah satu unit usaha yang dimilikinya adalah pengelolaan kawasan pelabuhan," terang dia.

Ditambahkan lagi bahwa Pelabuhan Panasahan yang terletak di Kenagarian Painan Selatan Kecamatan IV Jurai tersebut, sudah berstatus sebagai pelabuhan pengumpul.

" Pelabuhan Panasahan Painan saat ini memiliki dua dermaga, dengan kedalaman pasang surut hingga 7 DWT dan pasang tinggi 12 DWT," tutupnya. (05)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube