Headline News

header-int

RS Pratama Tapan Bakal Menjadi Rujukan Provinsi Tetangga

Senin, 11 Desember 2017, 13:35:33 WIB - 1027 | Kontributor : Yoni Syafrizal

Painan, 11 Desember 2017--Pihak managemen Rumah Sakit (RS) Pratama Tapan yang terdapat di Nagari Bukit Buai Kecamatan Basa IV Balai Tapan, akan segera melakukan pengurusan hibah rumah sakit itu, dari Kementrian Kesehatan ke daerah.

Upaya itu dilakukan agar pengelolaan RS itu bisa dilakukan secara maksimal oleh pemerintah daerah (Pemda) Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).  

Hal itu disampaikan direktur RS Pratama Tapan, Sutarman kepada pesisirselatan.go.id Senin (11/12) di Painan, terkait upaya daerah itu dalam memaksimalkan berbagai program peningkatan pelayanan kesehatan bagi masyarakat, temasuk juga di RS Prataman Tapan tersebut.  

" Saya katakan demikian, sebab jika proses hibah dari Kemenkes ke daerah selesai, maka kewenangan pengoperasiannya telah berada di tangan daerah. Ini tentu akan membuat kita di daerah bisa lebih leluasa dan lebih maksimal lagi melakukan pengelolaan sesuai kebutuhan dan potensi dalam menggenjot Pendapatan Asli Daerah (PAD)," ujarnya.

Disampaikan bahwa dalam melakukan pengurusan hibah itu, pihaknya bersama stokeholder terkait akan pergi ke Jakarta dalam pekan ini.

" Dalam pekan ini, saya bersama pihak terkait lainya akan pergi ke Jakarta melakukan proses hibah ini," ujarnya.

Dia juga mengatakan bahwa sejak diresmikan pada pertengahan Maret 2017 dan dioperasikan pada Agustus 2017, RS Pratama Tapan terus berbenah.

" Selain telah memiliki dua dokter umum, sekarang sebanyak 200 paramedis juga sudah ditugaskan di RS ini dalam memberikan pelayanan medis kepada masyarakat," jelasnya.

Bupati Pessel, Hedrajoni mengatakan sebelumnya bahwa kehadiran Rumah Sakit Pratama Tapan merupakan bentuk kepedulian pemerintah dalam memberikan pelayanan kesehatan yang cepat dan mudah dijangkau kepada masyarakat.
 
" Sebelum RS Pratama Tapan berdiri dan dioperasikan, masyarakat yang berada pada daerah selatan Pessel ini harus berkendara lebih kurang lima sampai enam jam agar bisa mendapatkan pelayanan kesehatan di RSUD M Zein Painan. Ini tentu sangat menyulitkan. Agar ini tidak menjadi keluhan berkepanjangan, sehingga pemerintah melalui Kementrian Kesehatan terpanggil untuk mendirikan RS ini di Tapan," ujarnya.

Karena merupakan impian dan harapan masyarakat dari sejak lama, sehingga dia berharap agar kehadiran RS Pratama itu dijaga dan dirawat agar bisa memberikan pelayanan secara maksimal.

" Harapan ini saya sampaikan, karena kehadiran RS Pratama Tapan ini, juga bisa menjadi rujukan bagi dua kabupaten dari dua provinsi tetangga. Diantaranya Kabupaten Muko Muko Provinsi Bengkulu, dan Kota Sungaipenuh dan Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi," ujarnya. (05)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube