Headline News

header-int

RSUD M Zein Target Nilai Akreditasi Paripurna

Jumat, 26 April 2019, 10:00:20 WIB - 506 | Kontributor : Didi Someldi Putra
RSUD M Zein Target Nilai Akreditasi Paripurna

Pesisir Selatan - RSUD M Zein Painan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat memasang target paripurna pada penilaian Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit (SNARS) edisi I pada 2020.

"Penilaiannya akan dimulai awal 2020, saat ini berbagai persiapan telah dilakukan sehingga target paripurna bisa diraih," kata Direktur RSUD M Zein Painan, Sutarman di Painan, Jumat. Ia menambahkan persiapan tersebut dilaksanakan dengan melakukan berbagai persiapan mulai dari peningkatan sumber daya manusia melalui bimbingan teknis, administrasi, dan infrastruktur.

Beberapa hal yang dinilai pada kegiatan tersebut diantaranya tata kelola rumah sakit, pengendalian penyakit infeksi, peningkatan mutu dan keselamatan pasien dan lainnya.

Ia mengungkapkan sebelumnya RSUD M Zein Painan sudah dinilai tim akreditasi yang dilaksanakan oleh Komite Akreditasi Rumah Sakit (KARS) versi 2012. Penilaian tersebut dilakukan pada 2012 dan berhasil meraih nilai utama, dan setelah diverifikasi meraih nilai paripurna.

Menurutnya, penilaian menggunakan SNARS merupakan standar akreditasi terbaru yang diberlakukan nasional semenjak 2018. SNARS Edisi I merupakan penyempurnaan dari penilaian akreditasi sebelumnya. Terdapat beberapa hal yang sama namun ada juga yang telah diperbaharui. Akreditasi, imbuhnya penting sebagai upaya untuk memperbaiki serta memberikan berbagai masukan terhadap penyelenggaraan pelayanan.

Pada 2017, sebanyak 85.145 pasien mendapat pelayanan rawat jalan RSUD M Zein Painan dan pada 2018 mengalami peningkatan menjadi 102.501 pasien. Berikutnya pada 2017, sebanyak 11.094 pasien mendapat pelayanan rawat inap dan pada 2018 turun menjadi 10.862 pasien.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube