Headline News

header-int

Sebanyak 105 Nagari Pilwana Serentak Tahun 2018

Kamis, 18 Januari 2018, 15:19:50 WIB - 1493 | Kontributor : Elfi Mahyuni, S.H

Painan, Tahun 2018 ini sebanyak 105 Nagari  dari 182 Nagari di Kabupaten Pesisir Selatan akan melaksanakan Pemilihan Walinagari (Pilwana) secara serentak direncanakan dilaksanakan pada bulan April mendatang. Dan sekarang ini Kenagarian yang melaksanakan Pilwana ini telah dijabat pejabat Walinagari (Pj) . 

Kabid Pemerintahan Nagari pada Dinas Pemberdayaan, Masyarakat, Desa, Pengendalian Penduduk  dan Keluarga Berencana Yefrizal  mengungkapkan sebagian Penjabat Walinagari telah dilantik hanya Kecamatan Koto XI Tarusan, Linggo Sari Baganti dan Silaut yang belum dilantik. Begitu juga Badan Musyawarah (Bamus) disetiap nagari yang masa jabatan habis juga telah dilantik . 

"Direncanakan pemilihan kita lakukan pada bulan April dan sekitar bulan Mei semua Walinagari yang terpilih telah dilantik dan bisa melaksanakan pemerintahan nagari nya," ujarnya.

Ditambahkan nya untuk pelaksanaan Pilwana Pj bersama dengan Bamus harus sudah melaksanakan tahapan tahapan pemilihan  Mulai mendata jumlah wajib pilih dan menetapkan jumlah pemilih tetap hingga menjaring calon Walinagari yang nantinya mengikuti kompetisi sesuai dengan aturan yang ada. Dimana setiap Kenagarian jumlah calon yang bisa mengikuti Pilwana hanya 5 orang calon . 

"Disini tugas Bagus bersama Pj harus sejalan, agar melahirkan Pilwana yang sesuai dengan harapan masyarakat, jangan coba coba melakukan kecurangan untuk memenangkan satu calon sebab masyarakat sekarang ini lebih cerdas dan teliti ," ujarnya. 

Lebih lanjut ditambahkannya untuk mengantisipasi pelanggaran aturan dan mengantisipasi kondisi rawan menjelang, pelaksanaan hingga setelah pemilihan, menurut Yetrizal pihaknya akan melakukan koordinasi dengan semua pihak agar tidak terjadi pelanggaran. Pihaknya akan lakukan pendampingan secara inten khususnya daerah daerah yang memang rawan. (07)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube