Headline News

header-int

Sekda : Pemkab Pessel Komit Tingkatkan Implementasi Keterbukaan Informasi Publik

Kamis, 06 Des 2018, 12:24:29 WIB - 8 | Marlison

PESISIR SELATAN, 6/12/2018-Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan tetap berkomitmen meningkatkan implementasi keterbukaan informasi publik dengan membuka akses publik terhadap informasi. "Terkait hal itu, diharapkan kepada Badan Publik termotivasi untuk bertanggungjwab atas pelayanan masyarakat yang sebaik-baiknya," kata Sekda, Erizon, Kamis (6/12).

Dengan komitmen tersebut, maka dapat mempercepat perwujudan pemerintah yang terbuka, dan merupakan salah satu upaya untuk mencegah praktik korupsi, kolusi dan nepotisme, sehingga tercipta pemerintah yang baik dan pemerintah yang bersih (good governance and clean governance).

Kemudian menurutnya, seluruh kepala perangkat daerah di lingkungan Pemkab Pessel juga telah menyatakan kebulatan tekad dan komitmen bersama untuk mengimplementasikan keterbukaan dalam rangka pelaksanaan tugas yang berkualitas serta membangun tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, demokratis, transparan dan akuntabel.

Ia mengatakan, setiap Badan Publik sebagaimana yang diamanatkan perundang-undangan yang berlaku wajib membangun dan mengembangkan sistem informasi dan dokumentasi untuk mengelola informasi publik secara baik dan efesien.

Dengan demikian layanan informasi dapat memberikan akses dengan mudah serta perlu dilakukan pengelolaan informasi dan dokumentasi yang dapat menjamin penyediaan informasi yang mudah, cermat dan akurat.

Sementara Kadis Kominfo Pessel, Junaidi menyebutkan, Pemkab memiliki komitmen untuk mewujudkan keterbukaan informasi yaitu dengan terbitnya Peraturan Bupati No.53 tahun 2018 tentang Pedoman Pelayanan Informasi dan Dokumentasi di lingkungan Pemkab Pessel.

"Dengan keterbukaan informasi, maka masyarakat dapat menjadi salah satu agen kontrol terhadap pelaksanaan pemerintahan dan pembangunan di daerah," ucapnya. (03)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2018 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube