Headline News

header-int

Sekda Erizon Jelaskan, Pengawas Lapangan Jadi Penentu Kualitas Infrastruktur

Kamis, 17 Mei 2018, 10:04:39 WIB - 37 | Yoni Syafrizal

Sekda Erizon Jelaskan, Pengawas Lapangan Jadi Penentu Kualitas Infrastruktur

Painan, 17 Mai 2018--Pembangunan infrastruktur yang terus ditingkatkan di Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), diharapkan memang benar-benar memiliki kualitas yang baik.

Karena peran pengawas merupakan penentu, dan memiliki peran yang sangat besar untuk mencapai harapan itu. Sehingga mereka dituntut harus melaksanakan tugas sesuai aturan yang berlaku, dan tidak boleh bermain dengan rekanan.

Demikian disampaikan sekretaris daerah kabupaten (Sekdakab) Pesisir Selatan (Pessel), Erizon kepada pesisirselatan.go.id Kamis (17/5) di Painan.

Disampaikanya bahwa dengan peran dan fungsi yang dimiliki oleh pengawas tersebut, maka peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) tenaga pengawas, perlu mendapat perhatian serius.

Salah satu bentuknya adalah dengan memberikan pendidikan dan pelatihan (Diklat) secara berkesinambungan.

" Untuk meningkatkan kualitas dan SDM para tenaga pengawas lapangan, terutama yang berkaitan dengan kegiatan fisik, daerah ini selalu memberikan pembekalan melalui Diklat secara rutin. Upaya itu selain bertujuan untuk meningkatkan kualitas SDM pengawas lapangan, juga untuk membentuk mental yang baik, agar mereka  bertanggung jawab penuh terhadap tugas yang dibebankan," katanya.

Dikatakan lagi bahwa pengawas lapangan merupakan ujung tombak untuk meningkatkan mutu pembangunan infrastruktur.

Makanya mereka dituntut harus melaksanakan tugas sesuai aturan yang berlaku, dan tidak boleh bermain dengan rekanan. Pengawas lapangan juga harus menjaga integritas, tidak mudah tergoda oleh bujuk rayu siapapun demi mendapatkan keuntungan pribadi atau golongan tertentu.

Pengawas juga berwenang memerintahkan rekanan untuk membongkar infrastruktur yang dibangun bila tidak sesuai bestek.

" Jadi intinya, pengawas berperan penting dalam peningkatan mutu infrastruktur yang dibangun," ingatnya.

Dia menambahkan bahwa di tahun 2018 ini, pembangunan baik bidang prasarana jalan, tata ruang dan permukiman, dilakukan secara seimbang dengan mengutamakan mutu.

" Saya katakan demikian, karena tidak zamannya lagi melaksanakan pekerjaan asal-asalan. Bila menyalahi aturan, maka bersiaplah berhadapan dengan hukum," tegasnya. (05)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2018 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube