Headline News

header-int

Selamatkan Lingkungan Dari Dampak Buruk Melalui Peningkatan Pemahaman Masyarakat

Selasa, 08 Januari 2019, 12:13:40 WIB - 224 | Kontributor : Yoni Syafrizal

Pesisir Selatan, 8 Januari 2018--Untuk menyelamatkan lingkungan dari dampak buruk yang ditimbulkan oleh ulah dan perilaku oknum yang tidak bertanggung jawab, maka kesadaran dan kepedulian masyarakat dalam menjaga lingkungan musti ditumbuhkan dari sejak dini.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Jumsu Trisno Selasa (8/1) kepada pesisirselatan.go.id terkait harapanya kepada masyarakat daerah itu agar terus meningkatkan kesadaranya dalam menjaga lingkungan.

" Kesadaran masyarakat menjaga lingkungan dari dampak kerusakan, akan dapat menyelamatkan lingkungan itu dari dampak buruk. Beberapa dampak buruk yang bisa mengancam keselamatan itu bisa dari polusi udara, air, bahkan bisa sampai dengan menurunnya fungsi sumberdaya alam itu sendiri," katanya.

Diakuinya bahwa untuk penumbuhan kesadaran masyarakat pemeliharaan lingkungan, memang membutuhkan waktu dan energi. Sebab kesadaran itu tidak akan tumbuh dengan sendirinya, tapi perlu upaya advokasi dan inisiasi dari berbagai pihak.

Ditambahkanya bahwa lomba Program Iklim (Proglim) yang juga dilakukan oleh Pessel sejak beberapa tahun terakhir, diharapkan dapat meningkatkan pemahamam masyarakat terhadap perubahan dan dampak yang akan ditimbulkan dari perubahan iklim.

" Dengan meningkatnya pemahaman masyarakat terhadap perubahan iklim, maka semua pihak akan terdorong untuk melaksanakan aksi yang dapat memperkuat ketahanan masyarakat. Bahkan juga bisa berkonstribusi terhadap upaya pengurangan emisi gas rumah kaca," ucapnya.

Dikatakan lagi bahwa nagari-nagari yang dijadikan sasaran penilaian, terus didorong berperan aktif ikut menjaga kelestarian lingkungan.

" Tentunya dengan tetap melakukan usaha-usaha atau kegiatan ekonomi tanpa mengabaikan hal-hal yang bisa berdampak terhadap perubahan iklim sebagai mana dikuatirkan," ujarnya.

Dia menambahkan bahwa program kampung iklim merupakan salah satu upaya yang dilakukan pemerintah untuk mengurangi emisi gas rumah kaca sebesar 26 persen pada tahun 2020.

" Untuk mendukung program itu, sehingga Pessel juga dijadikan sebagai salah satu daerah sasaran program," tutupnya. (05)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube