Headline News

header-int

Tahun 2019, Warga Silaut Fokus Kembangkan Program Pedesaan Berbasis Ternak Sapi Bali

Jumat, 14 Sep 2018, 11:05:35 WIB - 39 | Marlison

PESISR SELATAN,14/9/2018-Tahun 2019 mendatang, warga Kecamatan Silaut fokus mengembangkan program pedesaan berbasis ternak sapi bali. "Kita berharap pengembangan program itu tetap mendapat dukungan dan perhatian semua pihak terkait," ucap Camat Silaut, Syamwil, Jumat (14/9).

Menurut Syamwil, program itu diharapkan mampu meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat kedepan, melalui suatu pola pemberdayaan dan perencanaan pembangunan pedesaan atau nagari yang berbasis komoditi berupa ternak sapi bali.

Kemudian bagaimana kecamatan ini bisa menggerakan potensi yang ada di nagari-nagari, dikarenakan saat ini nagari memiliki peluang yang sangat besar dalam pembinaan dan pemberdayaan masyarakat sesuai dengan potensi dan kearifan lokal.

Dikatakan, program itu dilaksanakan sesuai dengan potensi areal perkebunan, maka untuk meningkatkan pendapatan petani juga berternak namun masih secara tradisional.

Kedepannya dengan kegiatan pengembangan kawasan ini diharapkan ada kegiatan yang terarah dan diharapkan bisa menjadi sentra ternak sapi.

Selain itu, masyarakat Kecamatan Silaut juga mengembangkan beragam jenis tanaman buah seperti salak, lengkeng, mangga dan lainnya. "Penanaman tanaman buah misalnya salak, lengkeng dan mangga tadi telah mulai dilakukan beberapa tahun belakangan," sebutnya.

Pihaknya tidak ingin masyarakat nanti kehilangan pendapatan bila sawit tidak produktif lagi. Upaya penggantian tanaman buah telah berlangsung secara bertahap.

"Warga kini telah mengusahakan tanaman salak, lengkeng dan mangga. Mudah-mudahan dengan adanya tanaman pengganti tersebut warga dapat usaha baru bila suatu ketika sawit tidak lagi produktif," katanya.

Menurutnya, tanaman salak sudah berproduksi dengan baik. Diharapkan kedepannya Silaut berkembang pula menjadi sentra buah-buahan di Pessel.

Ia menambahkan, Silaut selama ini menempatkan posisi sebagai kecamatan yang mengalami pertumbuhan ekonomi yang cukup baik, dan juga memiliki potensi disektor perkebun. (03)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2018 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube