Headline News

header-int

Tahun 2020 Diharapkan Lebih Banyak Sekolah Di Pessel Melaksanakan UNBK

Rabu, 22 Mei 2019, 10:56:00 WIB - 270 | Kontributor : Marlison
Tahun 2020 Diharapkan Lebih Banyak Sekolah Di Pessel Melaksanakan UNBK

Pesisir Selatan -Tahun 2020 diharapkan lebih banyak lagi sekolah di Kabupaten Pesisir Selatan yang melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Tentu untuk pelaksanaan UNBK perlu dilakukan persiapan sejak dini dan maksimal, sehingga memberikan hasil yang memuaskan. Harapan itu disampaikan Bupati Pessel, Hendrajoni, Rabu (22/5).

"Kita berharap sekolah yang akan melaksanakan UNBK tahun 2020 nanti lebih banyak lagi. Oleh karena itu, sekolah harus mempersiapkan sarana dan prasarana maupun tenaga teknis sejak dini, sehingga UNBK berjalan sukses dan dapat memberikan hasil memuaskan," ucapnya.

Dikatakan, Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan terus mendorong semua sekolah  untuk menyelenggarakan Ujian Nasional Berbasis Komputer tersebut. Hal itu dilakukan dengan harapan semua sekolah yang ada di Pessel bisa menyelenggarakan UNBK.

Lebih lanjut dijelaskan, UNBK adalah ujian nasional dengan menggunakan komputer dan dilengkapi dengan perangkat lunak atau software yang khusus untuk ujian nasional, dimana tingkat kesulitannya sama dengan ujian nasional secara tertulis.

Sementara persyaratan sekolah yang bisa menerapkan UNBK adalah memiliki komputer atau laptop, server yang mencukupi dengan dilengkapi UPS, jaringan lokal LAN, koneksi jaringan internet yang memadai, memiliki listrik, dan ruang ujian nasional yang mencukupi.

"Hal itu hendaknya menjadi perhatian serius bagi semua pihak bagaimana tahun 2020 nanti lebih banyak sekolah yang menerapkan UNBK di Kabupaten Pesisir Selatan," ucapnya.

Ia menambahkan, kedepan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan tidak hanya fokus pada peningkatan sarana dan prasarana pendidikan, tetapi yang terpenting itu adalah peningkatan mutu pendidikan.

Kemudian guru diminta melaksanakan tugas dan fungsi sebagaimana mestinya, tidak hanya sebagai pengajar, tapi juga pendidik. Hal ini mesti menjadi perhatian serius oleh guru sehingga kualitas pendidikan sebagaimana yang diharapkan dapat tercapai. (03)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube