Headline News

header-int

TdS Stage 8 Wilayah Pessel Miliki 127 Titik Rawan

Kamis, 08 Nov 2018, 14:48:09 WIB - 15 | Yoni Syafrizal

Pesisir Selatan, 8 November 2018--Panitia daerah Tour de Singkarak (TdS) etape 8 Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) terus matangkan persiapan. Upaya itu dilakukan karena pada TdS tahun 2018 ini, Pessel kembali dipercaya sebagai tuan rumah pelaksana star yang berlokasi di Pantai Carocok Painan Minggu tanggal 1 November 2018 mendatang.

Selaian melakukan perbaikan beberapa titik sarana jalan yang akan dilewati para pebalap, daerah itu juga terus melakukan koordinasi dengan semua instansi terkait.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Pessel, Mawardi Roska menyampaikan kepada pesisirselatan.go.id Kamis (8/11) bahwa selain perbaikan beberapa titik jalan yang rusak, daerah itu juga menerjunkan sebanyak 530 personil gabungan untuk mengamankan rute yang akan dilewati.

" Personil yang terdiri dari Aparat Kepolisian, TNI, Satpol PP, Dinas Perhubugan dan lainya itu, akan ditempatkan pada titik-titik yang dinilai rawan. Titik-titik rawan yang dimaksud bukan saja pada ruas jalan yang memiliki tantangan tinggi, dan pada pemukiman padat penduduk serta pasar-pasar. Tapi juga pada titik-titik yang rawan dilintasi hewan ternak," katanya.

Mereka yang diterjunkan sebanyak 530 personil itu diantaranya dari Polres Pessel sebanyak 312 personil, Pol PP 134 personil, anggota Kodim 0311 Pessel 45 personil, Dinas Perhubungan 30 personil, Corps Polisi Militer 3 personil, dan TNI AL sebanyak 6 personil pula.

Dia juga berharap partisipasi pengamanan rute etape 8 wilayah Pessel tersebut juga muncul dari kalangan pemuda nagari yang ruas jalanya dilalui atau dilewati oleh para pebalap.

" Sebab tanpa dukungan pemuda dan masyarakat, sangat tidak mungkin kesuksesan yang diharapan bisa tercapai," harapnya.

Ditambahkan lagi bahwa di daerah itu setidaknya juga terdapat 127 lokasi atau titik-titik rawan yang perlu dilakukan pengamanan atau pengawalan. Titik-titik rawan itu seperti tikungan tajam, persimpangan jalan, serta juga kawasan ramai penduduk, seperti pasar, sekolah dan tempat umum lainya.

" Berdasarkan kondisi itu, maka personil yang berjumlah sebanyak 530 orang ini akan dilakukan penempatanya sesuai kebutuhan. Karena selain titik-titik rawan ini juga harus masuk ke dalam pengawasan, sehingga peran pemuda dan masyarakat sangatlah dibutuhkan. Setidaknya melakukan pengamanan pada lingkungan masing-masing," ujarnya.

Dijelaskanya bahwa etape 8 yang akan melakukan star di Pantai Carocok Painan menuju Kota Pariaman itu, panjang rutenya mencapai 158 kilometer.

" Hingga saat ini segala persiapan sudah bisa dikatakan cukup matang, sebab khusus ruas jalan, telah disepakati pula dengan pihak terkait sudah mulus dua hari sebelum hari H," ujarnya.

Untuk menjawab kebutuhan penginapan bagi para tamu dan atlit, daerah itu juga sudah melakukan survey terhadap sejumlah hotel dan homestay di sekitaran Kota Painan.

" Beberapa penginapan yang telah dilakukan survey dan siap untuk menerima tamu yang akan menginap itu diantaranya, Langkisau Resort, Hanna Hotel, Triza, Saga Murni, dan Hotel Gizella di Pasar Baru Bayang," tutupnya. (05)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2018 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube