Headline News

header-int

29-1-2018 : Tidak hanya Mandeh

Senin, 29 Januari 2018, 09:05:16 WIB - 516 | Kontributor :

Jika berkunjung ke bagian utara Pesisir Selatan, tidak hanya Mandeh yang dapat dinikmati. Banyak tempat tersuruk yang diciptakan Tuhan menjadi hiasan dan fenomena alam yang amat indah dan mempesona. Masih perawan. Juga ada goresan sejarah masa lalu, sebagai bagian dari proses menjadi pesisir.

Dari Tarusan jika lurus ke arah Painan, sebelum Salido, ada kota kecil yang disebut Pasarbaru. Beloklah ke kiri arah jalan Pasar Baru-Alahan Panjang, sekitar 12 km akan ditemui Air Terjun Bayang Sani. Air terjun tujuh tingkat yang membuih. Sumber airnya berasal dari Danau di bawah di Alahan Panjang, meliuk menyusuri bukit barisan dan masuk ke Dalam Taman Nasional Kerinci Seblat. Pada tingkat paling bawah terlihat goresan sejarah geologi masa lalu, yakni proses pelipatan dan pembentukan permukaan bumi. Lelehen granit yang membentuknya, berupa lekukan lekukan pada dinding air terjun sehingga membentuk Air Terjun Bayang Sani.

Berjalan 4 km ke arah utara akan ditemui fenomena alamiah yang menakjubkan, tentang kegigihan sebatang pohon beringin untuk bercengkarama dengan saudaranya di seberang sungai. Bak Gadis yang ingin bersua dengan pujaannya. Akarnya sampai harus menyeberangi batang bayang, hanya sekedar bercengkerama dan bertemu dengan saudaranya, pohon beringin lainnya di seberang. Kita mengagumi fenomena alam yang luar biasa ini, sebagaimana yang dilihat sekarang sebagai jembatan akar. Ya, jembatan akar.

Jembatan yang telah berumur ratusan tahun, dengan akar akar yang saling berpilin satu sama lain, guna membangun kekohon dan kekuatan cinta di antara dua batang pohon, dan menjadi penyangga masyarakat dua kampung yang saling bersahabat. Dalam filosofi masyarakat minangkabau, kita sering mendengar tali tigo sapilin: yakni syarak, adat dan undang undang : ulama, ninik mamak, dan pemerintah. Tiga komponen penting dalam sistem masyarakat Minangkabau.

Dari Jembatan akar terus 20 km arah selatan sampai di Painan, akan disaksikan pantai Sago, Pantai Carocok dan Bukit Langkisau yang me-legenda. Di Pantai Sago selain pantainya yang indah dan rindang oleh pohon cemara laut, juga dapat dinikmati keelokan laut sejauh mata memandang. Wass..

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube