Headline News

header-int

Timbulun Taratak, Panorama Tersembunyi Pesisir Selatan

Sabtu, 13 Januari 2018, 14:53:32 WIB - 1816 | Kontributor : Indra Yen Putra
Timbulun Taratak, Panorama Tersembunyi Pesisir Selatan

Pesisir Selatan-- Keberadaan Bendungan Taratak di Kenagarian Taratak, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) memang baru dikenal masyarakat. Namun, bendungan ini mampu menghadirkan sejuta panorama yang menyatu dengan keasrian alamnya.

Bendungan tersebut dibangun sebagai sumber air saluran irigasi di Kenagarian Taratak. Tapi, karena pesona yang dimilikinya, bendungan ini tidak henti-henti dikunjungi sejumlah masyarakat, sejak selesai dibangun pada pertengahan 2016 lalu.

Berada di lokasi strategis di puncak bukit dan dikelilingi ladang masyarakat serta hamparan sawah yang terlihat menghijau. Lokasi bendungan ini berjarak sekitar 2 kilometer dengan 15 menit perjalanan dari jalan lintas Sumatera bagian Barat, tepatnya di Simpang Tiga Puskemas Pembatu Taratak.

Kapasitas bendungan ini sendiri memiliki daya tampung sekitar 45 ribu kubik air dan digunakan untuk mengairi lahan sawah masyarakat di tiga kenagarian sekaligus.

Seorang anggota LPMN (Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Nagari) Taratak, Dodianto (38) mengakui, sejak pembangunannya selesai, keberadaan bendungan ini tersebut langsung menjadi primadona masyarakat.

Dia menyebut, bendungan itu tanpa sengaja telah menghadirkan sejuta panorama, seperti airnya yang sejuk dan bening. 

"Saat ini, hampir setiap waktu dikunjungi, bahkan berbagai kalangan masyarakat mandi-mandi, berfoto-foto dan juga sekedar menikmati suasana alam, sebutnya.

Menurutnya, meski belum dikelola sebagai tempat wisata, jika terus terawat dan terjaga bangunannya, lokasi itu akan bisa dijadikan sebagai pusat agrowisata.

"Kami sangat berharap dengan bendungan ini tetap terus terjaga. Sehingga, keberadaannya sebagai sumber saluran pertanian tetap ada dan bisa dijadikan sebagai tempat rekreasi, kata dia, Sabtu, (13/1/2018). (16)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube